Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen Keuangan Judul ANALISIS MANAJEMEN KREDIT UNTUK MENURUNKAN TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (Studi Pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang)

Blog http://contohskripsikoe.blogspot.com Kembali lagi memposting Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen Keuangan Judul ANALISIS MANAJEMEN KREDIT UNTUK  MENURUNKAN TERJADINYA KREDIT BERMASALAH  (Studi Pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dalam suatu Negara berkembang seperti di Indonesia, kehadiran perbankan memang sangat diperlukan. Perbankan memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara. Semakin baik kondisi perbankan suatu negara, semakin baik pula kondisi perekonomian suatu negara. Apalagi dalam suatu Negara berkembang dengan masyarakatnya yang relatif tergolong masyarakat menengah kebawah, sangat perlu untuk didirikan sebuah lembaga keuangan atau bank  yang bisa membantu memberikan pinjaman modal kepada masyarakatnya tersebut. Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen Keuangan
Fungsi utama BPR sebagai perantara antara masyarakat kelebihan dana dengan masyarakat kekurangan dana, maka usaha pokok yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor perkreditan, atau penyaluran dana. Penyaluran kredit merupakan salah satu kegiatan utama bank sebagai lembaga intermediasi. Namun dalam usaha Penyaluran kredit mengandung risiko kegagalan atau kemacetan pelunasannya,yang mana nasabah tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya.
Untuk mengantisipasi hal itu bank harus menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memberikan kredit, dalam memberikan kredit BPR wajib memberikan keyakinan berdasarkan analisis yang mendalam atau I’tikad dan kemampuan serta kesanggupan nasabah debitur untuk melunasi utangnya atau mengembalikan sesuai dengan perjanjian (Sulhan, 2008:15-16). Dimana Sikaphati-hati merupakan prinsip yang harus diterapkan dalam setiap pemberian kredit. Tujuannya adalah mencegah resiko yang mungkin terjadi.(Arthesa, 2006:65)
Kredit bermasalah adalah semua kredit yang mengandung resiko tinggi. Kredit yang disalurkan dikatakan bermasalah jika pengembaliannya terlambat dibanding jadwal yang direncanakan, bahkan tidak dikembalikan sama sekali. Kredit bermasalah dapat dikelompokkan menjadi kredit tak lancar dan kredit macet. (Manurung, 2004:196)
Untuk menghindari hal tersebut, maka BPR diperlukan suatu manajemen kredit yang merupakan pengelolaan kredit yang baik mulai dari perencanaan jumlah kredit, penentuan suku bunga, prosedur pemberian kredit, analisis pemberian kredit sampai kepada pengendalian dan pengawasan kredit yang macet (Kasmir, 2000:71-72).
Menurut Firdaus,dkk (2009:4) manajemen pengkreditan adalah pengelolaan kredit yang dijalankan oleh bank meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan sedemikian rupa sehingga kredit tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan kesepakatan antara bank dengan debitur.
Demikian juga dengan PT. BPR Gunung Ringgit merupakan salah satu bank yang berada dibawah pengawasan langsung bank Indonesia. BPR Gunung Ringgit bergerak dalam bidang penyediaan jasa layanan keuangan. Jasa layanan ini diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan usaha mikro terutama dipedesaan. BPR Gunung Ringgit dalam menyalurkan dananya dan membantu para nasabah dengan sistem dan prosedur yang mudah, cepat, dan aman. Namun selain itu BPR juga tidak terlepas dari masalah kredit.
Layanan kredit yang diberikan oleh bank BPR Gunung Ringgit berupa Kredit umum, kredit instansi, dan kredit KAM (Kredit Andalan Masyarakat). Dengan pengeloalaan kredit yang profesional dalam menyalurkan dananya kepada masyarakat maka dapat menurunkan terjadinya kredit bermasalah.
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas maka penelitian ini diberi judul ”Analisis Manajemen Kredit Untuk Menurunkan Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Pada PT.BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang)”
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana manajemen kredit yang diterapkan PT. BPR Gunung Ringgit untuk menurunkan terjadinya kredit bermasalah?
  2. Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah pada PT. BPR Gunung Ringgit?
Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen Keuangan Judul ANALISIS MANAJEMEN KREDIT UNTUK  MENURUNKAN TERJADINYA KREDIT BERMASALAH  (Studi Pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang) Dari mulai BAB I Hingga BAB 5 Penutup Termasuk daftar pustaka dan lampiran Silahkan Cek di sini
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...