Contoh Skripsi Manajemen - Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit Sumbersari Malang
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Situasi persaingan yang ketat
telah menyebabkan perusahaan-perusahaan sulit untuk meningkatkan jumlah
pelanggan. Di pasar yang sudah ada, terlalu banyak produk dengan berbagai
keunggulan serta nilai lebih yang ditawarkan oleh para pesaing, sehingga sulit
bagi perusahaan untuk merebut pangsa pasar pesaing. Oleh karena itu, alternatif
yang lebih baik adalah dengan melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan
pasar yang sudah ada melalui usaha meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dunia perbankan Indonesia saat
ini diwarnai dengan persaingan yang semakin ketat. Perjuangan untuk menciptakan
bisnis yang berulang dengan nasabah yang sudah ada di tangan menempati titik
sentral dalam upaya bank untuk tetap unggul dalam persaingan jangka panjang.
Memang kini pelayanan yang diterima nasabah sudah dijadikan standar dalam hal
menilai kinerja sebuah bank.
Program pelayanan nasabah
(Customer Service) di suatu bank bagi para nasabahnya menyangkut faktor-faktor
yang mempengaruhi penilaian nasabah atas pelayanan yang diterima seperti :
penampilan dan kerapihan karyawan (bukti langsung), kemampuan karyawan dalam
menanggapi masalah yang dihadapi nasabah (keandalan), kesungguhan karyawan
dalam membantu nasabah (daya tanggap), profesionalisme karyawan dalam bekerja
(jaminan), keramahan dan kesopanan karyawan dalam menghadapi nasabah (empati).
Pada dasarnya pelayananlah yang menjadi faktor terpenting dalam menentukan
kepuasan nasabah. Dengan pelayanan yang prima, nasabah akan merasa keanggotaanya
memang dibutuhkan dan diperhatikan, sedangkan kepuasan atas pelayanan yang
diberikan itu akan menumbuhkan dan meningkatkan loyalitas nasabah. Loyalitas
nasabah memang sangat dibutuhkan oleh bank karena pertumbuhan suatu bank itu
sendiri sangat tergantung dari pertumbuhan dana yang berasal dari simpanan
nasabah, karena kualitas pelayanan dirasakan memiliki hubungan dan dapat
mempengaruhi kepuasan nasabah, maka hal inilah yang diangkat menjadi latar
belakang dan alasan pemilihan judul peneliti yaitu “ Pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit
Sumbersari Malang “
Selengkapnya terkait Contoh skripsi Manajemen Dari Mulai BAB I hingga BAB Penutup termasuk daftar pustakan Silahkan kunjungi di sini contoh skripsi lengkap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar