|
Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen - Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Cik Di Tiro di Yogyakarta
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Penelitian
Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen-Perubahan
dalam dunia usaha yang semakin cepat mengharuskan perusahaan untuk merespon
perubahan yang terjadi, problem sentral yang dihadapi perusahaan-perusahaan
saat ini adalah bagaimana perusahaan tersebut menarik pelanggan dan
mempertahankanya agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan berkembang, tujuan
tersebut akan tercapai jika perusahaan melakukan proses pemasaran.
Pemasaran
merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya, tetapi dalam pemasaran modern seperti ini paragdima
pemasaran telah bergeser, tidak hanya menciptakan transakasi untuk mencapai
keberhasilan pemasaran tetapi perusahaan juga harus menjalin hubungan dengan
pelanggan dalam waktu yang panjang. Paragdima tersebut disebut relationship
marketing dasar pemikiran dalam praktek pemasaran ini adalah, membina
hubungan yang lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan
mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan
perusahaan (Chan S, 2003).
Relationship marketing mampu memperdayakan kekuatan keinginan pelanggan dengan tekanan teknologi informasi untuk memberikan kepuasan pada pelanggan. Cakupannya meliputi tuntutan manajemen mutu terpadu secara global untuk menghadapi kebutuhan bisnis pelanggan dengan lebih agresif. Strategi bisnis difokuskan pada kelanggengan dan pemuasan pelanggan serta bekerja untuk mengantisipasi kebutuhan serta penyesuaian has produk.
Salah satu
indikator yang cukup handal untuk kelangsungan hidup dan keuntungan dari suatu
proses bisnis adalah kelanjutan dari kepuasan pelanggan. Diperkirakan untuk
menarik satu pelanggan baru diperlukan biaya mulai dari lima sampai lima belas
kali, dibandingkan dengan menjaga hubungan dengan satu pelanggan lama. Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen
Pada dasarnya
relationship marketing adalah hubungan dan ikatan jangka panjang antara
produsen, konsumen dan pemasok serta pelaku lainnya. Esensi relationship marketing
paling tidak menyangkut hubungan yang langgeng dan pertukaran yang terus
menerus dan dituntut untuk saling kepercayaan dan ketergantungan. Sehingga
dalam konsep relationship marketing, pemasar sangat menekankan
pentingnya hubungan baik jangka panjang dengan konsumen dan infrastruktur
pemasaran, yang dapat menciptakan kesadaran dalam bentuk hubungan dan komitmen
yang menyeluruh.
Relationship
marketing diartikan
sebagai menarik, memelihara dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan (Berry, 1995
dalam Wibowo S, 2006). Relationship marketing lebih merupakan pendekatan
bersifat jangka panjang, dimana hal ini berbeda dengan pendekatan pemasaran
transaksional yang lebih berorientasi jangka pendek. Tujuan dari pemasaran
transaksional adalah untuk mendapatkan pelanggan semata, sedangkan tujuan dari relationship
marketing adalah untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan.
Relationship
marketing biasanya lebih
sering digunakan dalam perusahaan jasa, sedangkan pemasaran transaksional lebih
aplikatif dan sesuai untuk pemasaran bagi perusahaan yang menghasilkan produk
manufaktur (Gronroos, 1995 dalam Wibowo S, 2006). Penelitian ini memfokuskan
pada implementasi proses relationship marketing pada perusahaan
perbankan, karena perbankan merupakan salah satu penyedia jasa yang menerapkan
adanya keramahtamahan dalam hubungan dengan konsumen. Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen
Penelitian
ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Wibowo S, (2006).
Model penelitian yang dilakukan adalah Model Effective relationship
marketing dari Evans dan Laskin (1994) yang terdiri dari relationship
marketing inputs yang mencakup Understanding Customer Expectation (UCE),
Building Service Partnership (BSP), Total Quality Management (TQM), Empowering
Employees (EE), dan Relationship marketing outcomes yang mencakup Customer
Satisfaction (CS), Customer Loyalty (CL), Quality of Product (QP), Increased
Profitability (IP).
Alasan yang
mendasari topik penelitian ini adalah bahwa setiap perusahaan jasa dalam
mempertahankan konsumenya, perusahaan harus mampu menjalin hubungan yang baik. Relationship
marketing merupakan strategi yang dapat diimplementasikan untuk menunjang
tercapainya tujuan tersebut. Dan penelitian yang berkaitan dengan relationship
marketing pada perusahaan perbankan belum banyak dilakukan. Penelitian ini
memfokuskan pada implementasi proses relationship marketing pada suatu
perusahaan jasa Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Cik Di Tiro di Yogyakarta.
Bank Rakyat
Indonesia (BRI) adalah sebuah perusahaan
yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa dimana pelanggannya memiliki
kebutuhan jangka panjang (long time horirizon), dengan kondisi tersebut
Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini menyadari pentingnya konsep relationship
marketing. Hal tersebut diwujudkanya dengan menerapkan relationship
marketing pada Bank Rakyat Indonesia (BRI). Konsep ini mengharapkan adanya
inovasi dan peningkatan fasilitas agar dapat menciptakan loyalitas konsumen
terhadap Bank Rakyat Indonesia (BRI) sehingga tercipta hubungan jangka panjang
yang harmonis antara perusahaan dan konsumen.
Bank Rakyat
Indonesia (BRI) merupakan salah satu perusahaan yang bekerja dalam bidang profit
atau sifatnya mencari keuntungan. Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah perbankan
yang mempunyai cabang maupun unit di hampir seluruh pelosok Indonesia. Relationship
Marketing di Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Cik Di Tiro di Yogyakarta
menarik diteliti karena bank ini adalah cabang yang tidak mempunyai unit,
sehingga bank ini hanya memfokuskan pada keuntungan atau menjaga agar nasabah
tetap dipuaskan dengan pelayanan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dalam proses
pemasaran di Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Cik Di Tiro, benar-benar
melibatkan nasabah. Contoh Skripsi Ekonomi Manajemen
Berdasarkan
latar belakang diatas maka penulis bermaksud mengadakan penelitian dengan judul
“Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer
Loyalty (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Cik Di Tiro di
Yogyakarta)”.
Selengkapnya terkit contoh skripsi Ekonomi Manajemen dari mulai BAB I hingga BAB Penutup lampiran beserta daftar pustaka silahkan kunjungi di sini contoh skripsi lengkap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar