CONTOH SKRIPSI PERHOTELAN -SIRKULASI KERJA HOUSEKEEPING DI KARTIKA HOTEL PONTIANAK
BAB 1 PENDAHULUAN
Dunia kepariwisataan dewasa ini sedang mendapat perhatian dan sorotan yang sangat meningkat di berbagai negara maupun di berbagai dunia, hal ini terbukti dengan banyaknya dibangun biro-biro jasa, hotel-hotel/penginapan-penginapan, obyek-obyek wisata, sehingga banyak para pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas tersebut. Jadi tak heran lagi bila banyak negara-negara yang berusaha ingin mengembangkan dunia kepariwisataannya.
Dalam kegiatannya sebagai seorang
karyawan, khususnya karyawan hotel
hendaknya dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya agar para tamu yang berkunjung mendapat kepuasan tersendiri serta
mempunyai kesan yang baik bila pulang ke negaranya. Hal
ini tidak terlepas dari sarana dan prasarana
yang ada, antara lain misalnya :
Pelayanan penginapan/perhotelan, lokasi, alat-alat
yang dipergunakan (sebab
sektor perhotelan merupakan salah satu sarana pokok dalam pengelolaan Industri Pariwisata).
Hotel adalah merupakan suatu
perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk penginapan
serta menyajikan segala makanan dan minuman
serta fasilitas lainnya yang dijual
secara teru-menerus.
Karena hotel bergerak dibidang jasa,
maka pengelolaannya harus
berdasarkan suatu bentuk organisasi yang gunanya untuk mempermudah dalam mempertanggung jawabkan setiap kegiatan dari departemen yang ada
di hotel tersebut. Disamping itu
untuk menetapkan masing-masing tugas dari setiap departemen, agar terjalin kerjasama yang baik antara departemen yang satu
dengan departemen lainnya,
begitu pula dengan para karyawannya.
A. Latar Belakang Masalah (Contoh Skripsi perhotelan)
Sebagai perusahaan yang bergerak di
bidang jasa, sebuah hotel berusaha
untuk mewujudkan yang sebesar-besarnya keuntungan, untuk itu dituntut untuk mengutamakan kualitas pelayanan kepada para
tamunya. Apabila kita memberikan
pelayanan yang baik,
maka para tamu jugalah yang akan
menjadi alat promosi yang baik bagi hotel tersebut. Sehingga pihak hotel dapat meraih keuntungan dengan datangnya para pelanggan baru. Untuk
mencapai tujuan tersebut maka sebagai seorang karyawan hotel hendaknya dituntut untuk menjadi tenaga yang profesional.
Untuk memperoleh tenaga kerja yang
profesional, pada saat ini banyak
didirikan Akademi-akademi yang memiliki jurusan Perhotelan. Begitu pula banyak didirikan kursus-kursus profesi yang memiliki
jurusan tersebut. Untuk menjadi tenaga
kerja profesional tersebut,
selain dari pelajaran di bangku kuliah,
diadakan juga On The Job Training di Hotel berbintang. Dengan demikian dapat mempraktekkan langsung ilmu
yang didapat dari bangku kuliah.
Atas dasar uraian tersebut di atas,
maka penulis akan membahas salah
satu departemen yang ada di Kartika Hotel Pontianak, dengan mengambil judul : "SIRKULASI KERJA HOUSEKEEPING DI KARTIKA HOTEL
PONTIANAK".
B. Tujuan Penelitian (Contoh Skripsi perhotelan)
Tujuan
dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Dapat mengetahui
bagaimana sistem pelayanan di
Kartika Hotel Pontianak.
Kartika Hotel Pontianak.
2. Sebagai bekal pengalaman yang nyata
dalam dunia
Perhotelan guna menyesuaikan pada saat terjun ke
lapangan nantinya.
Perhotelan guna menyesuaikan pada saat terjun ke
lapangan nantinya.
3. Dapat
membandingkan apakah sistem kerja
di hotel
sesuai dengan teori-teori yang penulis dapatkan di
bangku kuliah.
sesuai dengan teori-teori yang penulis dapatkan di
bangku kuliah.
Disamping
itu, Penulis juga berharap agar penulisan laporan
ini nantinya dapat mengembangkan buah pikiran
di bidang ketrampilan dalam melayani tamu di suatu hotel dan dapat bermanfaat bagi Industri Kepariwisataan.
C. Manfaat
Penelitian (Contoh Skripsi perhotelan)
1. Bagi
Penulis
Dapat menerapkan teori-teori yang didapat di bangku kuliah ke dalam prakteknya secara nyata.
2. Bagi Hotel
Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil dalaro melaksanakan kegiatannya sehingga dapat
meningkatkan kemampuan hotel
tersebut.
D. Metode Penelitian (Contoh Skripsi perhotelan)
Adapun
metode pengumpulan data yang penulis dapatkan terdiri dari beberapa metode antara lain:
a. Data
Primer
1. Metode Observasi
Dalam metode ini penulis melaksanakan pengamatan langsung dengan cara melihat bagaimana
tata cara kerja karyawan dan mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek yang
diteliti sambil mencatat guna meneliti data yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
2. Metode
Interview
Dalam hal ini penulis mengadakan tanya jawab langsung dengan pihak Room Boy/Room Maid mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan
obyek penelitian.
3. Metode Dokumentasi
Dengan memahami dan mengerti tentang sejarah dan struktur organisasi suatu hotel atau
perusahaan.
b. Data Sekunder
Data
ini diambil dari perpustakaan dan
buku-buku yang ada kaitannya
dengan obyek penelitian.
E. Hipotesa (Contoh Skripsi perhotelan)
Dengan pelaksanaan
dan cara kerja karyawan di Housekeeping Department yang baik dan berkualitas maka akan meningkatkan
mutu pelayanan di Kartika Hotel.
F. Metode
Analisis (Contoh Skripsi perhotelan)
Dari hasil observasi dan interview
yang kemudian disajikan dalam bentuk
deskriptif yang merupakan suatu gambaran secara umum terhadap hasil penelitian dalam penyajian laporan penelitian ini dilakukan dengan penjabaran dengan riset yang benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar