CONTOH SKRIPSI PENDIDIKAN MATEMATIKA
BAB IPENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Matematika
merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan yang cukup besar baik
dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu dan teknologi (Akib,
2001:143). Menurut Soedjadi (Akib, 2001: 143) dewasa ini matematika sering
dipandang sebagai bahasa ilmu, alat komunikasi antara ilmu dan ilmuwan serta
merupakan alat analisis. Dengan demikian matematika menempatkan diri sebagai
sarana strategis dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan intelektual.
Pendidikan
matematika pada jenjang pendidikan dasar mempunyai peranan yang sangat penting
sebab jenjang ini merupakan pondasi yang sangat menentukan dalam membentuk
sikap, kecerdasan, dan kepribadian anak. Karena itu Mendikbud Wardiman
Djojonegoro dalam sambutannya pada konferensi Matematika Asia Tenggara IV,
mengemukakan bahwa pelajaran matematika yang diberikan terutama pada jenjang
pendidikan dasar dan menengah dimaksudkan agar pada akhir setiap tahap
pendidikan, peserta didik memiliki kemampuan tertentu bagi kehidupan
selanjutnya. Namun kenyataan menunjukkan banyaknya keluhan dari murid tentang
pelajaran matematika yang sulit, tidak menarik, dan membosankan. Keluhan ini
secara langsung maupun tidak langsung akan sangat berpengaruh terhadap prestasi
belajar matematika pada setiap jenjang pendidikan.
Meskipun
upaya untuk mengatasi hasil belajar matematika yang rendah telah dilakukan oleh
pemerintah. Seperti penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku paket, peningkatan
pengetahuan guru-guru melalui penataran, serta melakukan berbagai penelitian
terhadap faktor-faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika. Namun
kenyataan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika masih jauh dari yang
diharapkan.
CONTOH SKRIPSI PENDIDIKAN MATEMATIKA SELENGKAPNYA SILAHKAN KUNJUNGI DI SINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar