CONTOH SKRIPSI PEMASARAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pemasaran merupakan kegiatan pokok yang
harus dilaksanakan oleh setiap perusahaan guna mencapai tujuannya. Masalah
pemasaran merupakan masalah yang penting, mengingat dewasa ini persaingan
barang dan jasa yang dipasarkan semakin ketat. Hal ini menuntut perusahaan
untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat agar perusahaan dapat
memenangkan persaingan tersebut.
Dalam strategi pemasaran, ada dua variabel
besar yang perlu diperhatikan, yaitu variabel yang dapat dikontrol dan variabel
yang tidak dapat dikontrol. Salah satu dari variabel yang dapat dikontrol oleh
perusahaan adalah bauran pemasaran (marketing
mix), yaitu kombinasi dari berbagai variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam
penjualan, sehingga akan dicapai volume penjualan dengan biaya yang
memungkinkannya mencapai tingkat laba yang diinginkan.
Pada sektor jasa, strategi pemasaran juga
mutlak diperlukan untuk meningkatkan volume penjualannya. Selama ini para
pemasar telah mengenal empat komponen dasar atau unsur-unsur dalam bauran
pemasaran, yaitu produk, harga, promosi dan distribusi atau yang biasa disebut
dengan 4P (Product, price, promotion,
& place).
Dalam pemasaran jasa, ada elemen-elemen
lain yang bisa dikontrol dan dikombinasikan untuk keperluan komunikasi dengan
konsumen jasa. Elemen-elemen tersebut adalah: orang (People or Personal traits), lingkungan fisik dimana jasa diberikan
atau bukti fisik (physical evidence),
dan proses jasa itu sendiri (process).
Dengan demikian 4P’s yang pada mulanya menjadi bauran pemasaran barang, perlu
diperluas menjadi 7P’s jika ingin digunakan dalam pemasaran jasa (Yazid,
1999:20).
Untuk menentukan strategi bauran pemasaran
yang tepat, yang perlu dipahami terlebih dulu adalah perilaku konsumen. Dengan
mengenal konsumen akan dipahami karakteristik pembeli maupun bagaimana seorang
pembeli membuat keputusannya serta berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku
mereka dalam mengambil keputusan atas pembelian suatu produk/jasa.
Konsumen dalam memantapkan keputusan
pembelian suatu produk, terlebih dahulu akan mempertimbangkan berbagai
informasi yang mereka terima, termasuk diantaranya unsur-unsur bauran
pemasaran. Bauran pemasaran produk yang ditanggapi atau direspon dengan baik
(positif) oleh konsumen akan memiliki peluang yang besar bagi produk tersebut
untuk dibeli. Dapat diasumsikan bahwa penilaian atau tanggapan konsumen
terhadap bauran pemasaran akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Oleh
karena itu perusahaan perlu mengetahui tanggapan konsumen terhadap bauran
pemasaran yang dilakukannya. Perusahaan yang memahami betul bagaimana tanggapan
konsumen terhadap unsur-unsur bauran pemasaran produknya akan mempunyai
kelebihan-kelebihan dibanding pesaingnya.
Seperti halnya produk atau jasa lainnya,
ketika konsumen akan memilih jasa lembaga bimbingan belajar mereka juga
dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya adalah faktor bauran pemasaran
yang dilakukan oleh lembaga bimbingan belajar tersebut.
Lembaga bimbingan belajar merupakan suatu
wadah yang diharapkan mampu memberikan kontribusi tambahan bagi siswa,
khususnya dalam menghadapi persaingan dalam berprestasi di sekolah maupun dalam
memasuki perguruan tinggi negeri.
Peranan lembaga bimbingan belajar secara keseluruhan
diukur dari keberhasilannya dalam memberikan pelayanan bimbingan belajar secara
baik dan memuaskan sehingga dapat membantu para siswa untuk mengatasi kesulitan
dalam proses belajar secara komprehensif, di mana umumnya target para siswa
tersebut adalah meraih prestasi tinggi
di sekolahnya dan kemampuan meneruskan pendidikan ke tingkat sekolah selanjutnya yang
kualifikasinya patut diandalkan.
Selain itu juga kemampuan lembaga
bimbingan belajar dalam memberikan pelayanan bimbingan belajar dapat membentuk
persepsi konsumen terhadap lembaga bimbingan belajar tersebut. Untuk itu
lembaga bimbingan belajar harus dapat meningkatkan pelayanannya seoptimal
mungkin untuk memperkokoh citra baik di mata masyarakat dan tentu saja akan
mendukung upaya lembaga bimbingan belajar tersebut dalam menjaring konsumen.
Semakin banyaknya pelaku dalam bisnis
lembaga bimbingan belajar ini, menyebabkan adanya persaingan yang ketat, karena
masing-masing lembaga bimbingan belajar berusaha mendapatkan tempat/posisi yang
baik dalam pasar, sementara pasar yang ada semakin sempit.
Dengan demikian, untuk mencapai tujuannya
yaitu mendapatkan tempat/posisi yang baik dalam pasar, maka sebuah lembaga
bimbingan belajar harus memahami betul faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
perilaku konsumen dalam memilih lembaga bimbingan belajar, dimana faktor yang
sangat penting untuk diperhatikan adalah faktor bauran pemasaran, karena faktor
bauran pemasaran ini merupakan faktor yang ada dalam kendali perusahaan.
Di sisi lain, perilaku konsumen dalam
melakukan pembelian suatu produk dipengaruhi oleh faktor-faktor kebudayaan,
sosial, pribadi, dan psikologis. Dari keempat faktor tersebut, faktor
psikologislah yang menjadi sasaran pemasar untuk mempengaruhi konsumen. Bila
diperinci lebih lanjut, faktor tersebut terdiri dari empat faktor utama yaitu
motivasi, persepsi, pembelajaran, dan kepercayaan dan sikap (Kotler, 1997:165).
Faktor persepsi sebagai fokus penelitian
karena persepsi konsumen menjadi alat penggerak dalam melakukan suatu
perbuatan. Seseorang yang termotivasi siap untuk melakukan suatu tindakan dan
bagaimana orang itu bertindak dipengaruhi oleh persepsinya terhadap suatu
situasi.
B. Perumusan Masalah
1.
Bagaimana hubungan variable-variabel dalam bauran
pemasaran secara bersama-sama dan parsial terhadap persepsi konsumen?
2.
Bagaimana pengaruh variabel-variabel dalam bauran
pemasaran secara bersama-sama dan parsial terhadap persepsi konsumen?
3.
Variabel manakah dalam bauran pemasaran yang
berpengaruh paling dominan terhadap persepsi konsumen?
C. Tujuan Penelitian
1.
Untuk mengetahui hubungan variable-variabel dalam
bauran pemasaran secara bersama-sama dan parsial terhadap persepsi konsumen.
2.
Untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel dalam
bauran pemasaran secara bersama-sama dan parsial terhadap persepsi konsumen.
3.
Untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang paling
dominan pengaruhnya terhadap persepsi konsumen.
D. Kontribusi Penelitian
1.
Praktis
Sebagai tambahan informasi bagi perusahaan
dan bahan masukan dalam pengambilan keputusan.
2.
Teoritis
Sebagai pembanding bagi penelitian sebelumnya
dan informasi pendahuluan bagi penelitian serupa dimasa yang akan datang.
E. Sistematika Pembahasan
Skripsi ini terdiri dari
lima bab, yang kesemuanya merupakan suatu rangkaian kesatuan yaitu meliputi:
BAB I : Pendahuluan
Menjelaskan mengenai latar
belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan penelitian, kontribusi
penelitian, serta sistematika pembahasan.
BAB II :
Kajian Pustaka
Menjelaskan tentang teori
yang berhubungan dengan masalah penelitian yaitu teori yang berkenaan dengan
teori bauran pemasaran dan teori tentang perilaku konsumen. Pada akhir bab ini
diajukan model hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini.
BAB III : Metode penelitian
Menjelaskan tentang metode
penelitian termasuk di dalamnya jenis penelitian, variabel dan pengukurannya,
penentuan sampel, metode pengumpulan data, instrumen penelitian, serta metode
analisis data.
BAB IV : Hasil dan Pembahasan
Menjelaskan tentang
penyajian data yang menguraikan tentang gambaran umum perusahaan dan analisis
data serta interpretasinya.
BAB V : Kesimpulan dan Saran
Berisi kesimpulan dan
saran-saran dari hasil penelitian ini.
Contoh skripsi pemasaran selangkapnya silahkan kunjungi di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar