CONTOH SKRIPSI PENDIDIKAN BIOLOGI - JUDUL : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembangunan di bidang pendidikan sebagai salah satu
bagian dari pembangunan Nasional, perlu diwujudkan guna peningkatan dan
kemajuan sektor pendidikan. Merosotnya kualitas pendidikan banyak mendapat
sorotan dari masyarakat, peserta lulusan kependidikan, para pendidik dan
pemerintah. Oleh karena itu pemerintah berupaya semaksimal mungkin mengadakan
perbaikan dan penyempurnaan di bidang pendidikan. Sebagai langkah antisipasi,
maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan proses belajar, penggunaan dan
pemilihan media belajar secara tepat. Kesemuanya dimaksudkan untuk pencapaian
hasil belajar semaksimal mungkin.
Belajar adalah suatu
proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur
hidup. Salah satu pertanda bahwa seorang telah belajar suatu adalah perubahan
tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut baik
perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor)
maupun yang menyangkut nilai dan sikap (apektif).
Perubahan tersebut hendaknya
terjadi sebagai akibat interaksi dengan lingkungannya melalui proses belajar
mengajar. Dimana guru berikan satu-satunya sumber belajar, walaupun tugas,
peranan dan fungsinya dalam proses belajar menagajar sangatlah penting.
Melihat sedemikian
kompleksnya masalah proses belajar mengajar dan peran guru, maka dalam
pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajr mengajar perlu
dikembangkan iklim kandusif yang dapat menumbuhkan sikap dan prilaku belajar secara
wajar. Untuk itu pembelajaran dengan menggunakan media, khususnya media gambar
dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk hal tersebut.
B. Rumusan Masalah ( CONTOH SKRIPSI PENDIDIKAN BIOLOGI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR )
Berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut di
atas, maka dapat dirumuskan masalah “Apakah ada pengaruh penggunaan media
gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat
Mamajang I Makassar.
C. Tujuan Penelitian ( CONTOH SKRIPSI PENDIDIKAN BIOLOGI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR )
Berdasar dari rumusan masalah di
atas, maka penelitian ini diarahkan untuk mengungkap apakah ada pengaruh
penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres
Bertingkat Mamajang I Makassar.
D. Manfaat Penelitian ( CONTOH SKRIPSI PENDIDIKAN BIOLOGI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR )
Dalam penelitian ini terdapat beberapa manfaat
yang diharapkan penulis setelah penelitian dilaksanakan.
1. Sebagai bahan
informasi tentang pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar
IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.
2. Sebagai bahan
masukan untuk guru; untuk dipertimbangkan dalam pemilihan media sebelum
pelaksanaan proses belajar mengajar. Oleh karena hasil penelitian ini merupakan
bukti secara ilmiah.
3. Hasil penelitian
ini sedapat mungkin menjadi alasan rekomendasi untuk menggunakan media gambar
dalam proses belajar mengajar.
E. Hipotesis ( CONTOH SKRIPSI PENDIDIKAN BIOLOGI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR )
Untuk pemberian arah yang jelas
terhadap kesimpulan yang diperoleh, maka dirumuskan hipotesis yaitu “Ada
pengaruh penggunaan media gambar prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres
Bertingkat Mamajang I Makassar”.
CONTOH SKRIPSI PENDIDIKAN BIOLOGI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR SELENGKAPNYA SILAGKAN KUNJUNGI DI SINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar