CONTOH SKRIPSI PERHOTELAN -SIRKULASI KERJA HOUSEKEEPING DI KARTIKA HOTEL PONTIANAK



CONTOH SKRIPSI PERHOTELAN -SIRKULASI KERJA HOUSEKEEPING DI KARTIKA HOTEL PONTIANAK  

BAB 1 PENDAHULUAN

Dunia kepariwisataan dewasa ini sedang mendapat perhatian dan sorotan yang sangat meningkat di berbagai negara maupun di berbagai dunia, hal ini terbukti dengan banyaknya dibangun biro-biro jasa, hotel-hotel/penginapan-penginapan, obyek-obyek wisata, sehingga banyak para pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas tersebut. Jadi tak heran lagi bila banyak negara-negara yang berusaha ingin mengembangkan dunia kepariwisataannya.

Dalam kegiatannya sebagai seorang karyawan, khususnya karyawan hotel hendaknya dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya agar para tamu yang berkunjung mendapat kepuasan tersendiri serta mempunyai kesan yang baik bila pulang ke negaranya. Hal ini tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang ada, antara lain misalnya :
Pelayanan penginapan/perhotelan, lokasi, alat-alat yang dipergunakan (sebab sektor perhotelan merupakan salah satu sarana pokok dalam pengelolaan Industri Pariwisata).
Hotel adalah merupakan suatu perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk penginapan serta menyajikan segala makanan dan minuman serta fasilitas lainnya yang dijual secara teru-menerus.

Karena hotel bergerak dibidang jasa, maka pengelolaannya harus berdasarkan suatu bentuk organisasi yang gunanya untuk mempermudah dalam mempertanggung jawabkan setiap kegiatan dari departemen yang ada di hotel tersebut. Disamping itu untuk menetapkan masing-masing tugas dari setiap departemen, agar terjalin kerjasama yang baik antara departemen yang satu dengan departemen lainnya, begitu pula dengan para karyawannya.
A. Latar Belakang Masalah (Contoh Skripsi perhotelan)
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, sebuah hotel berusaha untuk mewujudkan yang sebesar-besarnya keuntungan, untuk itu dituntut untuk mengutamakan kualitas pelayanan kepada para tamunya. Apabila kita memberikan pelayanan yang baik, maka para tamu jugalah yang akan menjadi alat promosi yang baik bagi hotel tersebut. Sehingga pihak hotel dapat meraih keuntungan dengan datangnya para pelanggan baru. Untuk mencapai tujuan tersebut maka sebagai seorang karyawan hotel hendaknya dituntut untuk menjadi tenaga yang profesional.
Untuk memperoleh tenaga kerja yang profesional, pada saat ini banyak didirikan Akademi-akademi yang memiliki jurusan Perhotelan. Begitu pula banyak didirikan kursus-kursus profesi yang memiliki jurusan tersebut. Untuk menjadi tenaga kerja profesional tersebut, selain dari pelajaran di bangku kuliah,

diadakan juga On The Job Training di Hotel berbintang. Dengan demikian dapat mempraktekkan langsung ilmu yang didapat dari bangku kuliah.
Atas dasar uraian tersebut di atas, maka penulis akan membahas salah satu departemen yang ada di Kartika Hotel Pontianak, dengan mengambil judul : "SIRKULASI KERJA HOUSEKEEPING DI KARTIKA HOTEL PONTIANAK".
B. Tujuan Penelitian (Contoh Skripsi perhotelan)
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.       Dapat  mengetahui  bagaimana  sistem pelayanan  di
Kartika Hotel Pontianak.
2.       Sebagai  bekal  pengalaman yang  nyata  dalam dunia
Perhotelan  guna  menyesuaikan pada saat  terjun ke
lapangan nantinya.
3.       Dapat  membandingkan apakah sistem kerja  di  hotel
sesuai  dengan teori-teori yang penulis dapatkan di
bangku kuliah.
Disamping itu, Penulis juga berharap agar penulisan laporan ini nantinya dapat mengembangkan buah pikiran di bidang ketrampilan dalam melayani tamu di suatu hotel dan dapat bermanfaat bagi Industri Kepariwisataan.
C. Manfaat Penelitian (Contoh Skripsi perhotelan)
1. Bagi Penulis
Dapat menerapkan teori-teori yang didapat di bangku kuliah ke dalam prakteknya secara nyata.

2. Bagi Hotel
Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil dalaro melaksanakan kegiatannya sehingga dapat meningkatkan kemampuan hotel tersebut.
D. Metode Penelitian (Contoh Skripsi perhotelan)
Adapun  metode  pengumpulan data yang  penulis dapatkan terdiri dari beberapa metode antara lain:
a. Data Primer
1. Metode Observasi
Dalam metode ini penulis melaksanakan pengamatan langsung dengan cara melihat bagaimana tata cara kerja karyawan dan mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek yang diteliti sambil mencatat guna meneliti data yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
2. Metode Interview
Dalam hal ini penulis mengadakan tanya jawab langsung dengan pihak Room Boy/Room Maid mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan obyek penelitian.
3. Metode Dokumentasi
Dengan memahami dan mengerti tentang sejarah dan struktur organisasi suatu hotel atau perusahaan.
b. Data Sekunder
Data  ini  diambil dari perpustakaan dan buku-buku yang ada kaitannya dengan obyek penelitian.

E. Hipotesa (Contoh Skripsi perhotelan)
Dengan pelaksanaan dan cara kerja karyawan di Housekeeping Department yang baik dan berkualitas maka akan meningkatkan mutu pelayanan di Kartika Hotel.
F. Metode Analisis (Contoh Skripsi perhotelan)
Dari hasil observasi dan interview yang kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif yang merupakan suatu gambaran secara umum terhadap hasil penelitian dalam penyajian laporan penelitian ini dilakukan dengan penjabaran dengan riset yang benar.

CONTOH SKRIPSI PERHOTELAN -SIRKULASI KERJA HOUSEKEEPING DI KARTIKA HOTEL PONTIANAK SELENGKAPNYA BERKUNJUNG DI SINI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...