Contoh Skripsi Bahasa Indonesia Terbaru 2014 Judul Skripsi Nasionalisme dalam Novel 5 cm. Karya Donny Dhirgantoro: Analisis Strukturalisme

Kembali lagi saya akan posting Contoh Skripsi Bahasa Indonesia Terbaru 2014 Judul Skripsi Nasionalisme dalam Novel 5 cm. Karya Donny Dhirgantoro: Analisis Strukturalisme
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Skripsi Bahasa Indonesia
Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat menarik karena faktor keanekaragamannya, mulai dari suku, budaya, agama, bahasa, warna kulit, dan sebagainya. Sebagai sebuah negara, keanekaragaman Indonesia dapat diilustrasikan dengan bentuk tanganmanusia yang memiliki lima jari. Kelima jari manusia memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi memiliki fungsi yang sama, yaitu mempermudah manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Lima jari manusia akan berfungsi secara maksimal apabila kelima jari tersebut bersatu dan bekerja sama. Begitu juga dengan keanekaragaman yang ada di negara Indonesia, walaupun berbeda-beda suku, budaya, agama, bahasa, warna kulit, dan sebagainya, warga negara Indonesia harus tetap bersatu dan bekerja sama untuk mewujudkan sikap kebangsaan yang kuat.
Nasionalisme berasal dari kata nation yang berarti negara atau bangsa, ditambah akhiran isme yang berarti: (a) suatu sikap ingin mendirikan negara bagi bangsanya sesuai dengan paham/ideologinya, (b) suatu sikap ingin membela tanah air/negara dari penguasaan dan penjajahan bangsa asing, (Budiyono, 2007: 208). Menurut Smith (2003: 10) nasionalisme adalah suatu ideologi yang meletakkan bangsa di pusat masalahnya dan berupaya mempertinggi keberadaannya. Nasionalisme sebagai manifestasi kecintaan dan kesetiaan tertinggi kepada tanah air, negara, dan bangsa merupakan modal dasar bagi pembentukan negara dan karakter bangsa.  Skripsi Bahasa Indonesia
Kata sya’ab, qaum, ummah banyak digunakan Alquran untuk merujuk makna bangsa. Kata sya’ab yang menjadi kata tunggal dari syu’uban tercantum dalam Alquran pada surat Al Hujurat ayat 13 yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia:
”Wahai manusia kami sesungguhnya telah menciptakan kamu dari seseorang laki- laki dan seorang perempuan, dan kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.
Bangsa dalam pengertian politik menurut Dault (2005: 2) adalah masyarakat dalam suatu daerah yang sama dan tunduk kepada kedaulatan negaranya sebagai suatu kekuasaan tertinggi ke luar dan ke dalam.  Skripsi Bahasa Indonesia
Semangat kebangsaan atau nasionalisme dari suatu bangsa tidak dapat dilepaskan dari hasrat bangsa itu dalam mewujudkan arah dan tujuan yang hendak dicapai oleh bangsa tersebut. Nasionalisme merupakan sikap politik dan sosial dari kelompok masyarakat yang mempunyai kesamaan kebudayaan, bahasa, dan wilayah, serta kesamaan cita-cita, dan tujuan.
Hal itu diutarakan pula oleh Soekarno (1964: 3) yang mengatakan bahwa nasionalisme adalah suatu iktikad; suatu keinsyafan rakyat bahwa rakyat itu ada satu golongan, satu bangsa.
Menurut Soekarno (1964: 5) semangat kebangsaan atau nasionalisme secara tersirat telah lahir sejak masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Semangat seperti itu terbelah-belah pada saat Indonesia dijajah oleh Belanda. Jiwa kebangsaan hanya terlihat sebagai jiwa persatuan satu daerah atau satu kepulauan. Semangat kebangsaan itu secara keseluruhan mempunyai satu tujuan, yaitu mengusir penjajah dari negeri tumpah darah kita ini, Indonesia.
Akan tetapi, wujud nasionalisme seperti itu bersifat lokal. Rasa kebangsaan secara nyata baru dilakukan pada tahun 1908, yaitu Budi Utomo. Bentuk dan arah nasionalisme kita pada saat
itu didasari oleh kesatuan wilayah, kesatuan keinginan, kesamaan nasib, dan kesamaan hal- ihwal. Kesamaan itu diarahkan pada usaha mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Itulah yang terlihat dalam nasionalisme sebelum kemerdekaan Indonesia.  Skripsi Bahasa Indonesia
Bagaimana bentuk semangat kebangsaan atau nasionalisme pada masa kini?
Tampaknya nasionalisme telah mengalami pergeseran makna. Barangkali rasa kebangsaan kita kini telah ternodai atau terancam oleh berbagai faktor dari luar dan dari dalam negeri sendiri. Apakah memang dalam bentuk dan arah seperti sekarang inikah nasionalisme yang kita idamkan untuk membawa bangsa ini ke arah masyarakat yang adil dan makmur?
Prinsip nasionalisme bangsa Indonesia dilandasi nilai-nilai Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945 yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan kesatuan, kepentingan, keselamatan bangsa, dan negara di atas kepentingan pribadi atau kepentingan golongan, menunjukkan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia serta tidak merasa rendah diri, mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban antara sesama manusia dan sesama bangsa, menumbuhkan sikap saling mencintai manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa dan tidak semena-mena terhadap orang lain, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, senantiasa menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, berani membela kebenaran dan keadilan, merasa bahwa bangsa Indonesia merupakan bagian dari seluruh umat manusia, dan menganggap pentingnya sikap saling menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.
Karya sastra adalah sebuah hasil ciptaan manusia. Sastra tumbuh dan berkembang karena peranan manusia. Sebuah karya sastra pada dasarnya berisi tentang permasalahan yang melingkupi kehidupan masyarakat, termasuk persoalan-persoalan sosial. Nasionalisme merupakan bagian dari persoalan sosial, karena menyangkut tentang kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Masalah nasionalisme sering diangkat dalam cerita yang berbentuk novel, salah satunya adalah novel 5 cm.
Novel 5 cm. adalah novel karya Donny Dhirgantoro, yang diterbitkan oleh Grasindo pada tahun 2005. Novel ini menceritakan tentang perjalanan lima orang bersahabat yakni Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Novel ini mengajarkan tentang harapan, impian, tekad, cinta, dan persahabatan. Novel ini mencetak rekor buku laris di Gramedia Bookstore selama dua tahun berturut-turut. Pada tahun 2012, novel ini diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama 5 cm.
Novel 5 cm. adalah novel yang mengangkat nilai nasionalisme. Dalam novel tersebut terdapat nilai nasionalisme yang dapat menjadi titik balik bagi segenap pemuda Indonesia untuk kembali menancapkan nilai nasionalisme di dalam benak dan hati mereka, yang dewasa ini mungkin terkontaminasi oleh pengaruh-pengaruh yang datangnya dari luar maupun dari dalam negerinya sendiri.

Nasionalisme kita seakan muncul dengan paksaan yaitu ketika ada serangan atau ada ancaman dari pihak luar, kita baru bersatu teguh mengganyang negara yang bersangkutan. Nasionalisme bangsa Indonesia terjadi pasang surut akibat pengaruh global yang telah mendarah daging dalam jiwa generasi Indonesia. Dalam kenyataannya, kini rasa nasionalisme kultural dan politik sudah mengkhawatirkan dalam kehidupan keseharian kita. Nasionalisme merupakan suatu paham yang berkaitan dengan usaha untuk menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Permasalahan yang menarik untukdikaji dan diteliti dalam penelitian ini adalah nasionalisme yang terdapat dalam novel 5 cm.

1.2 Rumusan Masalah  Skripsi Bahasa Indonesia
Untuk mendapatkan hasil penelitian yang terarah, maka diperlukan suatu rumusan
masalah. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimanakah struktur yang membangun nilai nasionalisme dalam novel 5 cm.
karya Donny Dhirgantoro?
2. Bagaimanakah bentuk nasionalisme yang terdapat dalam novel 5 cm. karya
Donny Dhirgantoro?

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian  Skripsi Bahasa Indonesia
1.3.1 Tujuan Penelitian
Tujuan suatu penelitian haruslah jelas mengingat penelitian harus mempunyai arah
dan tujuan yang tepat. Adapun tujuan penelitian ini adalah :
1. Menganalisis struktur yang membangun nilai nasionalisme dalam novel 5 cm.
karya Donny Dhirgantoro.
2. Menganalisis bentuk nasionalisme yang terdapat dalam novel 5 cm. karya Donny
Dhirgantoro.

1.3.2 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
1. Memperluas khasanah ilmu pengetahuan terutama bidang bahasa dan sastra
Indonesia, khususnya dalam menganalisis novel dengan teori strukturalisme.
2. Memahami makna nasionalisme secara lebih luas.
3. Memberikan masukan kepada mahasiswa untuk mengkaji dan menelaah novel.
4. Menambah referensi dan membantu pembaca dalam memahami makna yang
terdapat dalam karya sastra.

Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Bahasa Indonesai terbaru tahun 2014 ini jika anda ingin memiliki silahkan cek di sini
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...