KEMBALI LAGI SAYA AKAN POSTING CONTOH SKRIPSI BAHASA INDONESIA JUDUL PEMEROLEHAN SINONIM KEBENDAAN PADA ANAK AUTISTIK DI PEMATANGSIANTAR
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Skripsi Bahasa Indonesia
Istilah autistik dikemukakan oleh Dr Leo Kanner pada 1943 (Simanjuntak, 2009:249). Ada banyak defenisi yang diungkapkan para ahli. Chaplin menyebutkan: “Autistik merupakan cara berpikir yang dikendalikan oleh kebutuhan personal atau oleh diri sendiri, menanggapi dunia berdasarkan
penglihatan dan harapan sendiri, dan menolak realitas, keasyikan ekstrem dengan pikiran dan fantasi sendiri”.
Semua masalah perilaku anak autis menunjukkan tiga serangkai gangguan yaitu: kerusakan di bidang sosialisasi, imajinasi, dan komunikasi. Sifat khas pada anak autistik adalah: (1) Perkembangan hubungan sosial yang terganggu, (2) gangguan perkembangan dalam komunikasi verbal dan non-verbal, (3) pola rilaku yang khas dan terbatas, (4) manifestasi gangguannya timbul pada tiga tahun yang pertama.
Teori awal menyebutkan, ada 2 faktor penyebab autistik, yaitu: (1). Faktor psikososial, karena orang tua “dingin” dalam mengasuh anak sehingga anak menjadi “dingin” pula; dan (2). Teori gangguan neuro-biologist yang menyebutkan gangguan neuroanatomi atau gangguan biokimiawi otak. Pada 10- 15 tahun terakhir, setelah teknologi kedokteran telah canggih dan penelitian mulai
membuahkan hasil. Penelitian pada kembar identik menunjukkan adanya kemungkinan kelainan ini sebagian bersifat genetis karena cenderung terjadi pada kedua anak kembar. Skripsi Bahasa Indonesia
Meskipun penyebab utama autistik hingga saat ini masih terus diteliti, beberapa faktor yang sampai sekarang dianggap penyebab autistik adalah: faktor genetik, gangguan pertumbuhan sel otak pada janin, gangguan pencernaan, keracunan logam berat, dan gangguan auto-imun. Selain itu, kasus autistik juga sering muncul pada anak-anak yang mengalami masalah pre-natal, seperti:
prematur, postmatur, pendarahan antenatal pada trisemester pertama dan kedua, anak yang dilahirkan oleh ibu yang berusia lebih dari 35 tahun, serta banyak pula dialami oleh anak-anak dengan riwayat persalinan yang tidak spontan, (online), (http:// afrizaldoank.blogspot.com diakses tanggal 7 oktober 2013)). Skripsi Bahasa Indonesia
Gangguan autistik mulai tampak sebelum usia 3 tahun dan 3-4 kali lebih banyak pada anak laki-laki, tanpa memandang lapisan sosial ekonomi, tingkat pendidikan orang tua, ras, etnik maupun agama, dengan ciri fungsi abnormal dalam tiga bidang: interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku yang terbatas dan berulang, sehingga kesulitan mengungkapkan perasaan maupun keinginannya
yang mengakibatkan hubungan dengan orang lain menjadi terganggu. Gangguan perkembangan yang dialami anak autistik menyebabkan tidak belajar dengan cara yang sama seperti anak lain seusianya dan belajar jauh lebih sedikit dari lingkungannya bila dibandingkan dengan anak lain.
Anak-anak yang menderita autistik tampil seolah-olah mereka terbelenggu oleh pikiran mereka sendiri, sebab mereka tidak dapat mempelajari bahasa, atau keterampilan sosial yang dibutuhkan di lingkungannya. Anak – anak autistik pada tahun ke dua dari kehidupan mereka biasanya kehilangan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang di lingkungannya dan tidak berbicara, atau
menggunakan bahasa, walaupun banyak diantara mereka mempunyai kemampuan yang normal. Anak Autistik lebih suka menyendiri dan memiliki kegemaran dengan satu benda. Penderita autistik disebabkan oleh penyakit atau luka di daerah – daerah tertentu di otak (perkembangan otak tidak normal), polusi lingkungan oleh timbal dan air raksa, disfungsi imunulogi, gangguan masa
kehamilan serta abnormalitas sistem gastrointernal (pencernaan), (online), (http://
afrizaldoank.blogspot.com diakses tanggal 7 oktober 2013)). Skripsi Bahasa Indonesia
------------
Dalam perkembangannya, bahasa seorang anak bergantung pada lingkungan anak berada. Semakin sering anak tersebut diajak berbicara maka, semakin banyak kosa kata yang cepat anak kuasai. Misalnya anak semakin sering mendengar kata sinonim, maka semakin banyak pula kata sinonim yang anak kuasai.
Kata sinonim terdiri atas sin (“sama” atau “serupa”) dan akar kata onim “nama” yang bermakna “sebuah kata yang dikelompokkan dengan kata-kata lain di dalam klasifikasi yang sama berdasarkan makna umum”. Jadi sinonim itu adalah kata-kata yang mengandung makna pusat yang sama tetapi berbeda dalam nilai rasa. Atau secara ringkasnya, sinonim itu kata-kata yang mempunyai
denotasi (makna sebenarnya) yang sama tetapi berbeda dalam konotasi (makna kiasan) (Tarigan 1985:17).
1.2 Rumusan Masalah Skripsi Bahasa Indonesia
Masalah adalah persoalan yang membutuhkan penanganan dan pemecahan. Berdasarkan latar belakang penelitian, maka pokok masalah yang dibicarakan adalah:
1. Bentuk-bentuk sinonim kebendaan apa sajakah yang diperoleh anak autistik pada Bimbingan Anakku?
2. Bagaimana penggunaan teori psikolinguistik behaviorisme terhadap pemerolehan sinonim kebendaan pada anak autistik?
1.3 Batasan Masalah Skripsi Bahasa Indonesia
Untuk memperoleh pembahasan yang mendasar dan secara terinci, penulis membatasi ruang lingkup pembahasan masalah. Dengan adanya pembatasan ruang lingkup permasalahan ini, penulis dapat melakukan pengkajian masalah secara terarah dan penulisan proposal ini akan tercapai sesuai dengan harapan.
Adapun batasan masalah penelitian ini adalah terbatas pemerolehan kosa kata konkrit, semantik leksikal dan bukan semantik gramatikal, dan anak berusia 6 tahun.
Selengkapnya terkait Contoh skripsi bahasa indonesia ini dari BAB1 sampai BAB5 dapat anda miliki di Sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar