CONTOH SKRIPSI PEMASARAN JUDUL SKRIPSI PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP VOLUME PENGUNJUNG DI MALL OLYMPIC GARDEN (MOG)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
LATAR
BELAKANG (Contoh Skripsi Pemasaran)
Dewasa ini berbelanja
sudah menjadi kebiasaan bahkan menjadi budaya setiap orang dalam kehidupan
sehari-hari, karena kebutuhan hidup seseorang semakin hari semakin meningkat
yang merangsang pertumbuhan bisnis ritel, apalagi jika pendapatannya selalu
mengalami kenainaikan.
Pertumbuhan ritel ini
sudah lama ada, bahkan sejak nenek moyang kita sudah ada tempat dimana bisa
mencari kebutuhan sehari-hari. Ahirnya dengan adanya perkembangan bisnis retal
semakin lama semakin maju diwujudkanlah oleh pelaku bisnis ritel untuk
mendirikan sebuah tempat perbelanjaan moderen yang didalamnya menyediakan semua
kebutuhan hidup sehari-hari yang didalam pusat perbelanjaan tersebut juga
banyak tempat atau stand yang disewakan untuk investor lain dan biasanya dalam
sekala kecil, bisnis tempat perbelanjaan moderen ini selain menyediakan sarana
berbelanja juga dapat dijadikan tempat untuk bermain dan rekreasi keluarga.
Dengan adanya
persaingan yang semakin lama semakin banyak, seperti yang terjadi di Malang saat
ini ada matahari group (Matahari Departemen Store & Supermarket,
Hypermarket), Hero Group, Ramayana Group, Borobudur, Yogya, Indomart, alfa dan
lain-lain, mereka berlomba-lomba untuk membuat strategi dan inovasi pemasaran
perusahaan dengan harapan bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya dengan
harapan nantinya bisa meningkatkan jumlah volume pengunjung bagi para penyewa
stand atau yang biasa disebut dengan Tenant diperusahaan mereka.
Disinilah pentingnya
bagi setiap perusahaan untuk bisa membuat strategi inovasi pemasaran yang bisa
mewujudkan kenaikan jumlah volume pengunjung mall dan memenangkan persaingan
dalam mendapatkan jumlah pengunjung sebanyak-banyaknya, seperti kebanyakan
perusahaan akan berusaha menyusun strategi pemasaran yang dapat menjangkau
pasar sasaran dengan seefektif mungkin, setiap strategi pasti akan delengkapi
dengan alat-alat pemasaran yang dianggap paling tepat bagi perusahaan yang
nantinya akan bisa berdampak pada kenaikan volume pengunjung pada setiap
tenan-tenan yang ada pada pusat perbelanjaan tersebut.
Alat-alat tersebut
biasa disebut dengan bauran pemasaran (Kotler, 2002:18), mengklarifikasi
alat-alat tersebut biasa disebut dengan bauran pemasaran atau 4P dalam
pemasaran yaitu produk (Product), Harga (Price), saluran distribusi
(Place), dan Promosi (Promotion), tetapi hal itu perlu ditunjang
dengan komunikasi yang baik dan efektif antara perusahaan dengan konsumennya.
Efektifitas
komunikasi dapat dilakukan pada bauran pemasaran atau alat sarana untuk
berkomunikasi dengan konsumennya adalah Promosi. Bisa disebut demikian karena
menurut Dunkan (2005:14) Salah satu
cara yang ampuh dalam menyampaikan pesan sebuah brand adalah dengan
mengajak customer dan potential customer untuk terlibat
dalam sebuah promosi Event Marketing yang diselenggarakan perusahaan.
Salah satu strategi
yang dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan promosi yang bisa
mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya, dan salah satu yang dapat dilakukan
Building Managemen pada Mall adalah dengan sering mengadakan Event Marketing
dan membuat iklan dimedia cetak dan elektronik yang sesuai dengan target
market.
Dalam sebuah
Penelitian dilakukan dengan mewawancara 41 Marketing Manager dari berbagai
perusahaan di Jakarta, Penggunaan Event Marketing bagi mereka ternyata bukan hal baru, 95%
perusahaan telah menggunakan Event Marketing dan 78%nya mengatakan bahwa
Event Marketing dinilai efektif dalam kegiatan pemasaran (Seminar: Event
Marketing That Sells!, 29 Mei 2008), oleh karena itu Building Managemen
dituntut untuk selalu bisa melaksanakan atau melaksanakan Event Marketing
dengan tepat agar dapat diterima oleh target market yang diinginkan sebanyak
banyaknya.
Mall Olympic Garden
(MOG) adalah perusahan yang berada di tengah Kota Malang merupakan satu dari
perusahaan sejenis yang bergerak dibidang property yaitu jasa persewaan
tempat untuk usaha dan juga dengan menjul stand yang keduanya ada pada
satu tempat yang yang biasa disebut pasar modern atau yang lebih dikenal dengan
Mall.
Mall Olympic Garden
(MOG) menghadapi persaingan yang ketat dari perusahan sejenis, dapat dilihat
dari lokasi perusahaan Mall Olympic Garden (MOG) yang berada dipusat Kota Malang, oleh karena itu
perusahaan harus menetapkan harga dengan baik dan sesuai dengan elemen-elemen
bauran pemasaran yang lain, agar bisa
menghadapi persaingan dan dapat meningkatkan jumlah volume pengunjung.
Kontradiksi yang
mereka alami saat ini adalah volume pengunjung berdasarkan data bulan agustus
2009 sampai desember 2009 adalah rata-rata 58.922 orang/hari (P. Yuly, TR/FO spv, MOG). jika dibandingkan dengan
Malang Town Square (MATOS) yang kapasitas sekalanya lebih kecil jika
dibandingkan dengan Mall Olympic Garden (MOG) dengan rata-rata pengunjung yaitu
mencapai 60.000 orang/hari, maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa
pengunjung MOG hampir sama atau tidak sebanding dengan besarnya mall yang
mereka miliki.
Berdasarkan pada
alasan di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh
Event Marketing Terhadap Volume Pengunjung Di Mall Olympic Garden (MOG)”.
Berdasar paparan diatas dapat dirumuskan sebagai
berikut:
1. Apakah Event Marketing berpengaruh
secara simultan terhadap Volume Pengunjung di Mall Olympic Garden (MOG)
?.
2. Apakah Event Marketing berpengaruh
secara parsial terhadap Volume Pengunjung di Mall Olympic Garden (MOG)
?.
3. Manakah diantara variabel
Event Marketing yang paling dominan terhadap volume pengunjung di Mall
Olympic Garden (MOG) ?.
1.3. TUJUAN MASALAH (Contoh Skripsi Pemasaran)
1. Untuk mengetahui pengaruh Event
Marketing secara simultan terhadap Volume Pengunjung di Mall Olympic Garden
(MOG)
2. Untuk mengetahui pengaruh Event
Marketing secara Parsial terhadap Volume Pengunjung di Mall Olympic Garden
(MOG)
3. Untuk mengetahui variabel Event
Marketing yang paling dominan ?
Selengkapnya terkait CONTOH SKRIPSI PEMASARAN JUDUL SKRIPSI PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP VOLUME PENGUNJUNG DI MALL OLYMPIC GARDEN (MOG) Dari Mulai BAB 1 Hingga BAB 5 Penutup termasuk Daftar Pustaka Silahkan miliki Di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar