CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN JUDUL SKRIPSI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MALANG

CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN JUDUL SKRIPSI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MALANG

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di era globalisasi informasi saat ini, keberadaan informasi menjadi penting, bahkan diakui bahwa informasi bisa dijadikan komoditi yang turut diperhitungkan dalam penentuan kebijakan dan dasar bisnis ekonomi yang dilakukan manusia, baik secara sengaja atau tidak (Prisgunanto, 2006 : 1). Akibat pertumbuhan informasi yang semakin cepat hingga menyebabkan dunia mengalami perubahan. Pesatnya perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi menjadi salah
satu faktor dominan yang menyebabkan perubahan dalam lingkungan bisnis dan pemasaran. Akibatnya, kondisi pasar menjadi sangat kompetitif dan pola perilaku konsumen yang semakin segmented (Estaswara, 2008 : 154).
Peradaban bisnis sekarang ini telah memasuki era komunikasi. Dengan masuknya era televisi di Indonesia yang dimulai pada awal dekade tahun 1990-an hal ini menandakan dimulainya hubungan antara industri periklanan dan stasiun televisi. Faktanya, pada tahun 2007 angka belanja iklan nasional di media televisi mencapai Rp 23 triliun atau sekitar 66% dari total belanja media dan mengalami kenaikan sekitar 17 % dari tahun sebelumnya (Estaswara, 2008 : 137).
Kehadiran media cetak dan elektronik tidak saja memunculkan sikap serius dari pengusaha, tetapi juga memaksa mereka untuk memperbaiki kualitas produk, barang, dan jasa. Pengusaha tidak hanya menerapkan strategi positioning sebuah produk di pasar melalui penetapan standarisasi mutu dan kualitas pelayanan, tetapi juga berusaha mempertahankan brand position di benak konsumen melalui pemantapan strategi promosi.
Menurut Dance (Estaswara, 2008 : 236), komunikasi pada hakikatnya lebih sekedar informasi. Komunikasi adalah persoalan pemaknaan, persoalan pertukaran simbol, persoalan interaksi dan
persoalan penyampaian. Dan menurut Shimp (Estaswara, 2008 : 11), pemasaran era ini adalah komunikasi dan komunikasi adalah pemasaran, dimana keduanya tidak pernah dipisahkan.
Komunikasi pemasaran (Kennedy dan Dermawan, 2006 : 4), merupakan kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan pada konsumen dengan menggunakan berbagai media, dengan harapan agar komunikasi dapat menghasilkan tiga perubahan pengetahuan, sikap, dan tindakan yang dikehendaki.
Komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Karena dengan melakukan komunikasi maka perusahaan melakukan proses edukasi terhadap pasar dengan produknya. Hal ini dapat dibuktikan dengan laporan hasil riset The Nielsen Company Indonesia memaparkan bahwa sepanjang tahun 2008 total belanja iklan nasional di tiga media utama (TV, Koran, Majalah/Tabloid) sebesar Rp 41,7 triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar 19% dari tahun lalu. Sedangkan untuk kategori kelompok industri, terutama perbankan dan keuangan, belanja iklan mencapai Rp 1,10 triliun atau mengalami peningkat sebesar 7 % bila dibandingkan pada tahun 2007 yang hanya mencapai Rp 1,03 triliun (Majalah Marketing, 2009 hal :16 - 17). Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Wisnu Wardana (2007) yang meneliti tentang pengaruh promotion mix terhadap peningkatan jumlah nasabah bank, dari hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa biaya iklan, sales promotion dan personal selling secara bersama-sama mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah. Hal ini menandakan semakin banyak kita memanfaatkan sarana komunikasi pemasaran yang ada, maka akan dapat mempengaruhi
konsumen dalam melakukan pembelian...................

"CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN JUDUL SKRIPSI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MALANG"


Dari hasil perbandingan jumlah nasabah pengguna produk tersebut dapat dijadikan sebagai ukuran respon positif masyarakat terhadap kehadiran produk pembiayaan dana talangan haji. Produk
khusus ini diciptakan untuk memenuhi keinginan nasabah yang ingin menunaikan ibadah haji namun memiliki kesulitan dana pada saat jatuh tempo pendaftaran haji. Dengan menggunakan produk ini, para nasabah secara langsung terdaftar sebagai calon jamaah haji di Departemen
Agama. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul skripsi “KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MALANG”.

B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti mengangkat masalah tentang: Bagaimana Bank Syariah Mandiri Cabang Malang membangun komunikasi pemasaran pada produk pembiayaan dana talangan haji?
C. TUJUAN MASALAH
Berdasarkan rumusan masalah penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana Bank Syariah Mandiri cabang Malang membangun komunikasi pemasaran pada produk pembiayaan dana talangan haji.

Selengkapnya terkait CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN JUDUL SKRIPSI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MALANG Dari mulai BAB 1 Hingga bab 5 Penutup termasuk daftar pustaka silahkan miliki di sini

Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...