Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran - Pengaruh Biaya Saluran Distribusi dan Biaya Periklanan Terhadap Omzet Penjualan Pada CV Cipta Bangun Indah Lamongan

Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran - Judul: Pengaruh Biaya Saluran Distribusi dan Biaya Periklanan Terhadap Omzet Penjualan Pada CV Cipta Bangun Indah Lamongan

BAB I

PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Krisis ekonomi yang pernah melanda Indonesia sekitar tahun1997, mengakibatkan perkembangan perekonomian Indonesia mengalami suatu ancaman. Meskipun saat ini keadaan ekonomi sedang memasuki tahap recovery atau perbaikan, namun perkembangan bisnis yang juga turut merasakan dampak dari krisis ekonomi tersebut belum sepenuhnya pulih sehingga tetap menuntut perusahaan untuk selalu waspada dan tanggap terhadap situasi dan kondisi yang masih mudah berubah dan biasanya mempengaruhi perekonomian.
Manajemen merupakan pengambil keputusan dan tindakan yang mengarah pada perkembangan suatu strategi yang efektif untuk membantu pencapaian tujuan dari perusahaan. Dalam menentukan suatu strategi terutama dalam hal pemasaran oleh perusahaan, maka langkah yang tepat adalah harus memulainya dengan identifikasi, menganalisis dan mendiagnosis kesempatan, kekuatan, ancaman, kelemahan dan peluang yang ada.- Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Perubahan suatu lingkungan mempunyai dua arti yang merupakan dua mata pisau yang berlawanan bagi suatu perusahaan yaitu dapat menjadi suatu peluang untuk meningkatkan dan pengembangan usaha, akan tetapi perubahan tersebut juga dapat menjadikan suatu ancaman bagi perusahaan. Oleh karena itu manajemen perusahaan dituntut untuk selalu bersikap tanggap dan adaptif serta dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan yang terus menerus terjadi dan memiliki pengaruh terhadap keadaan ekonomi. - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Kebijaksanaan manajemen perusahaan merupakan suatu sistem dari keseluruhan ilmu ekonomi, seperti manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen keuangan dan manajemen personalia untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Tiap bagian dari sistem ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing yang tentunya juga berbeda-beda antara sistem manajemen yang satu dengan sistem manajemen yang lain. Misalnya manajemen personalia yang fungsi dan tugasnya secara umum yaitu mengatasi masalah pegawai, mulai dari perekrutan, pelatihan, kenaikan jabatan sampai dengan pemberhentian. Begitu juga dengan manajemen produksi yang bertugas untuk melaksanakan proses produksi mulai dari pembuatan produk sampai dengan pengendalian mutu. Hal ini juga terjadi pada sistem manajemen yang lain yang terdapat didalam proses dan kegiatan pada perusahaan.
Akan tetapi dengan kondisi seperti yang telah dijelaskan diatas dimana terdapat suatu keadaan yang menyebabkan harga produk meningkat sedangkan daya beli dari masyarakat turun, maka pemasaran memegang peranan penting sebagai ujung tombak kehidupan perusahaan. Apalagi dengan perubahan kondisi seperti ini juga dapat memperpendek life cycle (daur hidup) produk. Oleh sebab itu akan sangat menarik dan menguntungkan bila perusahaan  dapat memaksimalkan fungsi dan pelaksanaan pengoperasian pemasaran dalam kegiatan-kegiatannya, karena dengan memaksimalkan fungsi-fungsi pemasaran inilah, perusahaan akan tetap eksisi hidup dan memperoleh keuntungan.
Dalam pelaksanaan pemasaran di perusahaan, secara teori akan terdapat bauran pemasaran. Bauran ini terdiri dari 4P yaitu Place, Product, Promotion, dan Price yang nantinya akan memiliki arti penting dalam keterkaitannya dengan keuntungan yang diterima perusahaan. Keberhasilan pemasaran yang harus diawali dengan keberhasilan kegiatan pemasaran tentunya akan berimbas langsung pada keuntungan yang diperoleh perusahaan- Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Salah satu bagian dari bauran pemasaran yang juga berarti salah satu aspek yang cukup penting dalam manajemen pemasaran adalah mengenai Place (tempat atau penentuan saluran distribusi). Saluran distribusi ini merupakan bentuk dari pengejawantahan tujuan pemasaran produk secara langsung maupun tidak langsung yaitu untuk melancarkan arus perpindahan barang dari produsen ke konsumen. Berbagai macam saluran distribusi yang dapat dipilih dan digunakan oleh perusahaan tentunya harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Beberapa faktor yang mendasari perusahaan dalam pemilihan saluran distribusi yang digunakan adalah jenis produk, biaya atau dana yang dimiliki perusahaan, tujuan, dan lain sebagainya. - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Kesalahan dalam penentuan dan penggunaan saluran distribusi dapat berakibat sangat fatal terhadap perusahaan. Banyak sekali akibat dari penggunaan dan aplikasi saluran distribusi yang kurang tepat dalam perusahaan, namun yang biasanya akan sangat terlihat adalah penurunan dari volume penjualan produk karena dengan pengoperasian sistem saluran distribusi yang kurang tepat dan efisien akan menyebabkan pengadaan dan perputaran barang ke konsumen menjadi terhambat dan akhirnya jumlah produk yang dapat dijual oleh perusahaan menjadi berkurang atau tidak maksimal. Hal ini biasanya juga berimbas langsung terhadap pendapatan yang akan diperoleh perusahaan.
Dengan adanya suatu sarana saluran distribusi yang baik dan memadai diharapkan penyaluran barang dari produsen ke konsumen  dapat berjalan dengan lancar, sehingga pemasaran hasil produksi dari perusahaan dapat ditingkatkan dan dapat diketahui bahwa perusahaan bukan semata-mata untuk memproduksi saja, akan tetapi juga mempertimbangkan penyaluran hasil produksi ke pasar atau konsumen.
Begitu juga dengan masalah promosi khususnya periklanan, di mana untuk memperkenalkan dan menarik konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan diperlukan suatu media periklanan, untuk menarik minat konsumen. Ada banyak sekali jenis periklanan mulai dari poster, brosur, baliho, dan melalui media elektronik yaitu radio, televisi, koran, internet dan lainnya yang kesemuanya itu akan terus berkembang sesuai dengan perubahan dan perkembangan masyarakat dan teknologi yang digunakan.
Seperti halnya saluran distribusi, maka periklanan juga memegang peranan penting dalam pemasaran. Sebagai salah satu aplikasi dari promosi, dimana promosi merupakan bagian dalam bauran pemasaran, periklanan akan membawa dampak yang besar bagi omzet penjualan perusahaan. Apabila perusahaan mampu melaksanakan dan membidik pangsa pasar produknya melalui suatu periklanan yang jitu dan tepat, maka perusahaan akan memperoleh keuntungan dan manfaat dari kegiatan periklanan yang sangat berlipat.
Kedua hal tersebut, yaitu saluran distribusi dan periklanan, memiliki akibat langsung ke perusahaan yaitu dalam kaitannya dengan volume penjualan (sesuai penggunaan istilah, karena yang dipakai ukuran adalah dengan rupiah maka disebut omzet penjualan) sebagai tolok ukur pertama dari keberhasilan sistem bauran pemasaran. Dengan asumsi bahwa harga yang telah ditetapkan perusahaan sudah memperhitungkan keuntungan per unit dari produksi suatu produk, maka akan bisa ditarik suatu hubungan lurus (linier) dimana jika saluran distribusi dan periklanan ditingkatkan maka omzet penjualan juga akan meningkat dan akibat akhirnya adalah peningkatan pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan. Dan dengan besarnya pendapatan yang diterima perusahaan maka kemungkinan perusahaan untuk memperoleh keuntungan juga akan semakin besar.
Untuk dapat tercapainya tujuan tersebut, maka salah satu usaha yang harusnya dilakukan oleh perusahaan adalah mengefektifkan dan meningkatkan saluran distribusi dan periklanan yang dimiliki dan dilaksanakan oleh perusahaan sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan yang diperoleh perusahaan.
Volume penjualan perusahaan dapat dilihat secara langsung pada jumlah produk yang terjual maupun jumlah pendapatan yang masuk ke perusahaan (dihitung dengan mata uang) pada suatu periode tertentu sesuai dengan pengaturan perusahaan. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa terdapat bauran pemasaran yang akan sangat menentukan keuntungan bagi perusahaan dan asumsi yang digunakan dalam kaitannya hubungan antara omzet penjualan dengan pendapatan perusahaan, maka  tolok ukur pertama yang dipakai perusahaan yaitu jumlah penjualan produk dalam suatu periode tertentu. Jumlah penjualan produk ini kemudian akan ditabulasikan dan dilaporkan dalam bentuk laporan keuangan yang berupa omzet penjualan. Dari omzet penjualan ini, perusahaan akan mampu menghitung dan memperkirakan pendapatan keseluruhan yang nantinya akan diperoleh oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu dan jika pendapatan perusahaan lebih besar dari pengeluaran perusahaan, dimana tingginya pendapatan ini merupakan akibat tingginya omzet penjualan yang diperoleh perusahaan maka perusahaan akan memperoleh keuntungan bersih. Sehingga bisa dilihat dengan tingginya omzet penjualan dan pendapatan perusahaan maka potensi dan prosentase perusahaan untuk mendapat laba juga akan semakin besar.
CV Cipta Bangun Indah yang berdiri sekitar tahun 1993 di wilayah kota Lamongan yaitu di kelurahan Tambak Boyo, merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan peralatan, perlengkapan, dan bahan bangunan. Perusahaan yang menjadi salah satu agen yang merupakan bagian dalam rantai distribusi dalam rangka penyaluran produk dari produsen ke konsumen akhir. Dan juga dengan kondisi perusahan sebagai perusahaan yang memiliki pegawai kurang lebih 50 orang dan ditunjang dengan sarana pendukung lainnya yaitu armada transportasi, gudang, pertokoan, serta sumber untuk beberapa bahan galian sendiri, tentunya juga mempunyai kesempatan yang cukup luas untuk maju dan berkembang menjadi perusahaan papan atas dan pemimpin pasar khususnya ditingkatan wilayah karisidenan Bojonegoro.
Akan tetapi dengan adanya perubahan kondisi Indonesia mulai tahun 1997 yang semakin tidak menentu dan diawali oleh terjadinya krisis moneter, ternyata juga menyebabkan perusahaan ini mengalami dampak negatif seperti yang dirasakan beberapa perusahaan lain yang mengalami pukulan dari krisis moneter yang pernah melanda Indonesia - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Perubahan kondisi ini ternyata banyak memukul sektor riil dalam kaitanyya dengan omzet penjualan yang diperoleh. Hal ini nanti dapat dilihat pada penelitian ini, yaitu pada fluktuasi omzet penjualan perusahaan. Dengan menggunakan data mengenai omzet penjualan mulai tahun 1997-2001 akan terlihat penurunan dan fluktuasi negatif omzet penjualan.
Dalam mengatasi perubahan kondisi yang ternyata juga berdampak pada penurunan volume penjualan dan pendapatan yang diperoleh perusahaan maka ada perubahan yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi ini, yaitu pada dua hal penting, saluran distribusi yang harus ditingkatkan dan periklanan yang harus digalakkan. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan image atau persepsi masyarakat terhadap perusahaan dalam rangka menarik minat konsumen yang tujuan akhirnya adalah untuk  memenangkan persaingan untuk perebutan pangsa pasar produk sejenis dengan perusahaan lain dan imbasnya adalah peningkatan volume penjualan dan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan (CV Cipta Bangun Indah Lamongan).
Dengan jabaran dan gambaran keadaan serta kondisi obyektif  yang telah dijelaskan di atas, maka penulis memilih judul yang sesuai dengan permasalahan yang akan diangkat, diteliti dan dibahas, yaitu : “Pengaruh Biaya Saluran Distribusi dan Biaya Periklanan Terhadap Omzet Penjualan Pada CV Cipta Bangun Indah Lamongan”.
Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran yang berjudul Pengaruh Biaya Saluran Distribusi dan Biaya Periklanan Terhadap Omzet Penjualan Pada CV Cipta Bangun Indah Lamongan, Dari mulai BAB I hingga BAB Terakhir, Termasuk daftar pustaka dan lampiran silahkan Kunjungi di sini contoh skripsi lengkap
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...