Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran - Judul: Pengaruh Biaya Saluran Distribusi dan Biaya Periklanan Terhadap Omzet Penjualan Pada CV Cipta Bangun Indah Lamongan
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Krisis
ekonomi yang pernah melanda Indonesia
sekitar tahun1997, mengakibatkan perkembangan perekonomian Indonesia
mengalami suatu ancaman. Meskipun saat ini keadaan ekonomi sedang memasuki
tahap recovery atau perbaikan, namun perkembangan bisnis yang juga turut
merasakan dampak dari krisis ekonomi tersebut belum sepenuhnya pulih sehingga
tetap menuntut perusahaan untuk selalu waspada dan tanggap terhadap situasi dan
kondisi yang masih mudah berubah dan biasanya mempengaruhi perekonomian.
Manajemen
merupakan pengambil keputusan dan tindakan yang mengarah pada perkembangan
suatu strategi yang efektif untuk membantu pencapaian tujuan dari perusahaan.
Dalam menentukan suatu strategi terutama dalam hal pemasaran oleh perusahaan,
maka langkah yang tepat adalah harus memulainya dengan identifikasi,
menganalisis dan mendiagnosis kesempatan, kekuatan, ancaman, kelemahan dan
peluang yang ada.- Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Perubahan
suatu lingkungan mempunyai dua arti yang merupakan dua mata pisau yang berlawanan
bagi suatu perusahaan yaitu dapat menjadi suatu peluang untuk meningkatkan dan
pengembangan usaha, akan tetapi perubahan tersebut juga dapat menjadikan suatu
ancaman bagi perusahaan. Oleh karena itu manajemen perusahaan dituntut untuk
selalu bersikap tanggap dan adaptif serta dapat menyesuaikan diri terhadap
perubahan lingkungan yang terus menerus terjadi dan memiliki pengaruh terhadap
keadaan ekonomi. - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Kebijaksanaan
manajemen perusahaan merupakan suatu sistem dari keseluruhan ilmu ekonomi,
seperti manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen keuangan dan
manajemen personalia untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh perusahaan.
Tiap bagian dari sistem ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing yang
tentunya juga berbeda-beda antara sistem manajemen yang satu dengan sistem
manajemen yang lain. Misalnya manajemen personalia yang fungsi dan tugasnya
secara umum yaitu mengatasi masalah pegawai, mulai dari perekrutan, pelatihan,
kenaikan jabatan sampai dengan pemberhentian. Begitu juga dengan manajemen
produksi yang bertugas untuk melaksanakan proses produksi mulai dari pembuatan
produk sampai dengan pengendalian mutu. Hal ini juga terjadi pada sistem
manajemen yang lain yang terdapat didalam proses dan kegiatan pada perusahaan.
Akan
tetapi dengan kondisi seperti yang telah dijelaskan diatas dimana terdapat
suatu keadaan yang menyebabkan harga produk meningkat sedangkan daya beli dari
masyarakat turun, maka pemasaran memegang peranan penting sebagai ujung tombak
kehidupan perusahaan. Apalagi dengan perubahan kondisi seperti ini juga dapat memperpendek
life cycle (daur hidup) produk. Oleh
sebab itu akan sangat menarik dan menguntungkan bila perusahaan dapat memaksimalkan fungsi dan pelaksanaan pengoperasian
pemasaran dalam kegiatan-kegiatannya, karena dengan memaksimalkan fungsi-fungsi
pemasaran inilah, perusahaan akan tetap eksisi hidup dan memperoleh keuntungan.
Dalam
pelaksanaan pemasaran di perusahaan, secara teori akan terdapat bauran
pemasaran. Bauran ini terdiri dari 4P yaitu Place,
Product, Promotion, dan Price yang
nantinya akan memiliki arti penting dalam keterkaitannya dengan keuntungan yang
diterima perusahaan. Keberhasilan pemasaran yang harus diawali dengan
keberhasilan kegiatan pemasaran tentunya akan berimbas langsung pada keuntungan
yang diperoleh perusahaan- Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Salah
satu bagian dari bauran pemasaran yang juga berarti salah satu aspek yang cukup
penting dalam manajemen pemasaran adalah mengenai Place (tempat atau penentuan saluran
distribusi). Saluran distribusi ini merupakan bentuk dari pengejawantahan
tujuan pemasaran produk secara langsung maupun tidak langsung yaitu untuk
melancarkan arus perpindahan barang dari produsen ke konsumen. Berbagai macam
saluran distribusi yang dapat dipilih dan digunakan oleh perusahaan tentunya
harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan.
Beberapa faktor yang mendasari perusahaan dalam pemilihan saluran distribusi
yang digunakan adalah jenis produk, biaya atau dana yang dimiliki perusahaan,
tujuan, dan lain sebagainya. - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Kesalahan
dalam penentuan dan penggunaan saluran distribusi dapat berakibat sangat fatal
terhadap perusahaan. Banyak sekali akibat dari penggunaan dan aplikasi saluran
distribusi yang kurang tepat dalam perusahaan, namun yang biasanya akan sangat
terlihat adalah penurunan dari volume penjualan produk karena dengan
pengoperasian sistem saluran distribusi yang kurang tepat dan efisien akan
menyebabkan pengadaan dan perputaran barang ke konsumen menjadi terhambat dan
akhirnya jumlah produk yang dapat dijual oleh perusahaan menjadi berkurang atau
tidak maksimal. Hal ini biasanya juga berimbas langsung terhadap pendapatan
yang akan diperoleh perusahaan.
Dengan
adanya suatu sarana saluran distribusi yang baik dan memadai diharapkan
penyaluran barang dari produsen ke konsumen
dapat berjalan dengan lancar, sehingga pemasaran hasil produksi dari
perusahaan dapat ditingkatkan dan dapat diketahui bahwa perusahaan bukan
semata-mata untuk memproduksi saja, akan tetapi juga mempertimbangkan
penyaluran hasil produksi ke pasar atau konsumen.
Begitu
juga dengan masalah promosi khususnya periklanan, di mana untuk memperkenalkan
dan menarik konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan diperlukan
suatu media periklanan, untuk menarik minat konsumen. Ada banyak sekali jenis
periklanan mulai dari poster, brosur, baliho, dan melalui media elektronik
yaitu radio, televisi, koran, internet dan lainnya yang kesemuanya itu akan
terus berkembang sesuai dengan perubahan dan perkembangan masyarakat dan
teknologi yang digunakan.
Seperti
halnya saluran distribusi, maka periklanan juga memegang peranan penting dalam
pemasaran. Sebagai salah satu aplikasi dari promosi, dimana promosi merupakan bagian
dalam bauran pemasaran, periklanan akan membawa dampak yang besar bagi omzet
penjualan perusahaan. Apabila perusahaan mampu melaksanakan dan membidik pangsa
pasar produknya melalui suatu periklanan yang jitu dan tepat, maka perusahaan
akan memperoleh keuntungan dan manfaat dari kegiatan periklanan yang sangat
berlipat.
Kedua
hal tersebut, yaitu saluran distribusi dan periklanan, memiliki akibat langsung
ke perusahaan yaitu dalam kaitannya dengan volume penjualan (sesuai penggunaan
istilah, karena yang dipakai ukuran adalah dengan rupiah maka disebut omzet
penjualan) sebagai tolok ukur pertama dari keberhasilan sistem bauran
pemasaran. Dengan asumsi bahwa harga yang telah ditetapkan perusahaan sudah
memperhitungkan keuntungan per unit dari produksi suatu produk, maka akan bisa
ditarik suatu hubungan lurus (linier) dimana jika saluran distribusi dan
periklanan ditingkatkan maka omzet penjualan juga akan meningkat dan akibat
akhirnya adalah peningkatan pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan. Dan
dengan besarnya pendapatan yang diterima perusahaan maka kemungkinan perusahaan
untuk memperoleh keuntungan juga akan semakin besar.
Untuk
dapat tercapainya tujuan tersebut, maka salah satu usaha yang harusnya dilakukan
oleh perusahaan adalah mengefektifkan dan meningkatkan saluran distribusi dan
periklanan yang dimiliki dan dilaksanakan oleh perusahaan sehingga dapat
meningkatkan omzet penjualan dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan yang
diperoleh perusahaan.
Volume
penjualan perusahaan dapat dilihat secara langsung pada jumlah produk yang
terjual maupun jumlah pendapatan yang masuk ke perusahaan (dihitung dengan mata
uang) pada suatu periode tertentu sesuai dengan pengaturan perusahaan. Sebagaimana
dijelaskan di atas bahwa terdapat bauran pemasaran yang akan sangat menentukan
keuntungan bagi perusahaan dan asumsi yang digunakan dalam kaitannya hubungan
antara omzet penjualan dengan pendapatan perusahaan, maka tolok ukur pertama yang dipakai perusahaan
yaitu jumlah penjualan produk dalam suatu periode tertentu. Jumlah penjualan
produk ini kemudian akan ditabulasikan dan dilaporkan dalam bentuk laporan
keuangan yang berupa omzet penjualan. Dari omzet penjualan ini, perusahaan akan
mampu menghitung dan memperkirakan pendapatan keseluruhan yang nantinya akan
diperoleh oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu dan jika pendapatan
perusahaan lebih besar dari pengeluaran perusahaan, dimana tingginya pendapatan
ini merupakan akibat tingginya omzet penjualan yang diperoleh perusahaan maka
perusahaan akan memperoleh keuntungan bersih. Sehingga bisa dilihat dengan
tingginya omzet penjualan dan pendapatan perusahaan maka potensi dan prosentase
perusahaan untuk mendapat laba juga akan semakin besar.
CV
Cipta Bangun Indah yang berdiri sekitar tahun 1993 di wilayah kota Lamongan yaitu di kelurahan Tambak Boyo,
merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan peralatan, perlengkapan, dan
bahan bangunan. Perusahaan yang menjadi salah satu agen yang merupakan bagian
dalam rantai distribusi dalam rangka penyaluran produk dari produsen ke
konsumen akhir. Dan juga dengan kondisi perusahan sebagai perusahaan yang memiliki
pegawai kurang lebih 50 orang dan ditunjang dengan sarana pendukung lainnya
yaitu armada transportasi, gudang, pertokoan, serta sumber untuk beberapa bahan
galian sendiri, tentunya juga mempunyai kesempatan yang cukup luas untuk maju
dan berkembang menjadi perusahaan papan atas dan pemimpin pasar khususnya ditingkatan
wilayah karisidenan Bojonegoro.
Akan
tetapi dengan adanya perubahan kondisi Indonesia mulai tahun 1997 yang semakin
tidak menentu dan diawali oleh terjadinya krisis moneter, ternyata juga
menyebabkan perusahaan ini mengalami dampak negatif seperti yang dirasakan
beberapa perusahaan lain yang mengalami pukulan dari krisis moneter yang pernah
melanda Indonesia - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Perubahan
kondisi ini ternyata banyak memukul sektor riil dalam kaitanyya dengan omzet
penjualan yang diperoleh. Hal ini nanti dapat dilihat pada penelitian ini,
yaitu pada fluktuasi omzet penjualan
perusahaan. Dengan menggunakan data mengenai omzet penjualan mulai tahun
1997-2001 akan terlihat penurunan dan fluktuasi
negatif omzet penjualan.
Dalam
mengatasi perubahan kondisi yang ternyata juga berdampak pada penurunan volume
penjualan dan pendapatan yang diperoleh perusahaan maka ada perubahan yang
seharusnya dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi
ini, yaitu pada dua hal penting, saluran distribusi yang harus ditingkatkan dan
periklanan yang harus digalakkan. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan image atau persepsi masyarakat terhadap
perusahaan dalam rangka menarik minat konsumen yang tujuan akhirnya adalah
untuk memenangkan persaingan untuk
perebutan pangsa pasar produk sejenis dengan perusahaan lain dan imbasnya
adalah peningkatan volume penjualan dan keuntungan yang diperoleh oleh
perusahaan (CV Cipta Bangun Indah Lamongan).
Dengan
jabaran dan gambaran keadaan serta kondisi obyektif yang telah dijelaskan di atas, maka penulis
memilih judul yang sesuai dengan permasalahan yang akan diangkat, diteliti dan
dibahas, yaitu : “Pengaruh Biaya Saluran Distribusi dan Biaya Periklanan
Terhadap Omzet Penjualan Pada CV Cipta Bangun Indah Lamongan”.
Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran yang berjudul Pengaruh Biaya Saluran Distribusi dan Biaya Periklanan Terhadap Omzet Penjualan Pada CV Cipta Bangun Indah Lamongan, Dari mulai BAB I hingga BAB Terakhir, Termasuk daftar pustaka dan lampiran silahkan Kunjungi di sini contoh skripsi lengkap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar