Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran - Pengendalian Harga Dan Pelayanan Sebagai Strategi Pada PT. Samudera Puranabile Abadi Unit Dok Bitung Untuk Pengembangan Pasar Sasaran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Ditengah bergulirnya era globalisasi, yang dibarengi
dengan berkembangnya sistem perekonomian
dunia, telah membawa perubahan besar terhadap paradigma manusia. Dari sisi
ekonomi, era informasi merupakan masa dimana setiap orang dapat menjadi pelaku bisnis dan memiliki hak lebih dalam
menguasai dan mengelola faktor-faktor
produksi sebagai aset individu maupun bersama.
Ilmu pengetahuan dan tegnologi yang
semakin berkembang, turut memberikan kontribusi yang vital dalam menjembatani
kemajuan ini. Sistem informasi yang tidak dibatasi oleh tempat dan ruang lagi,
kelajuan dengan nanodetik, fasilitas infrastruktur memadai dan suprastruktur
yang canggih, serta lingkungan yang dinamis, menantang setiap pelaku bisnis
untuk beradaptasi dan berkompetisi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah
ditetapkan. Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Kebutuhan ekonomi
yang tidak sama di setiap daerah menyebabkan tidak satupun negara di dunia ini
bisa berdiri sendiri. Saling ketergantungan tersebut menjadi latar belakang
timbulnya hubungan, baik secara ekonomi, politik, sosial dan budaya yang
dilakukan melalui departemen atau lembaga-lembaga tertentu. Sistem bisnis yang
telah mencapai tingkat efektivitas yang tinggi, pola baru yang niscaya sama
sekali berbeda dari sistem lama ke sistem yang orientasinya lebih luas dan
kompleks mempermudah dalam mengadakan segala transaksi global.
Langkah nyata dari hubungan ekonomi ialah adanya
kegiatan pertukaran produk maupun jasa. Hal ini dapat kita lihat ketika hasil
produksi satu daerah di distribusikan atau dijual ke daerah atau negara lain.
Begitu juga sebaliknya, bahan mentah suatu negara dipasok dari negara lain. Dan
dalam melakukan pengiriman barang tersebut, sarana paling dominan di lakukan
ialah dengan menggunakan jalur laut
yaitu dengan menggunakan jasa/armada perkapalan. Hampir semua pebisnis
menggunakan fasilitas ini. Kebutuhan akan jasa pengiriman ini juga diimbangi
oleh semakin banyak pengusaha yang menyediakan dan menawarkan jasa pengiriman
barang tersebut. Mulai dari pengiriman barang antar pulau sampai antar negara
di berbagai belahan dunia.
Melihat begitu banyaknya
jasa armada perkapalan yang dibutuhkan setiap harinya maka, peranan pemerintah dalam penyediaan
infrastruktur yang layak akan sangat menunjang lancarnya distribusi barang
tersebut.
Disamping itu, terbukanya berbagai
peluang bisnis yang potensial bagi para pengusaha lokal bahkan pengusaha luar
yang menginvestasikan modalnya.
Di kawasan timur Indonesia , salah satu pelabuhan
yang sangat strategis dan sangat banyak dikunjungi oleh armada laut dari
berbagai daerah adalah pelabuhan samudera Bitung. Apalagi kota Bitung merupakan Free Trade Zone pada saat
mendatang, bahkan rencana membangun International Hub Port oleh pemerintah pun
telah dicanangkan maka, menjadi lebih terbukalah peluang-peluang bisnis di
daerah ini.
Dari sekian banyak peluang usaha yang ada, jenis usaha
galangan kapal adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak diminati. Semakin
banyaknya kapal-kapal lokal yang beroperasi disekitar kawasan ini, ditambah
kapal-kapal luar yang tentunya membutuhkan jasa galangan dalam mengadakan
reparasi atau sekedar ceck up kelayakan berlayarnya. Walau dengan modal yang
cukup besar, ternyata telah cukup banyak pengusaha yang membangun usaha bisnis
galangan yang tentunya menimbulkan masalah baru bagi sesama pengusaha, yaitu
faktor persaingan.
Dengan berdirinya dok/galangan yang cukup banyak telah
menghilangkan tipe struktur pasar yang sebelumnya monopoli menjadi persaingan
murni. Setiap galangan menawarkan jasa yang sama dan fasilitas yang tidak jauh
berbeda, akhirnya menjadi kesulitan untuk mendapatkan keunggulan yang
kompetitif. Dengan demikian perusahaan yang baru eksis akan menjadi ceruk bagi
saingannya yang telah lebih dulu memiliki pelanggan tetap.
Menjaga keberlangsungan hidup perusahaan adalah bagian
dari tugas pihak manajemen perusahaan. Dan hal terpenting dalam menjaga
keberlangsungannya adalah dengan mempertahankan komposisi pelanggan bahkan
bagaimana menambah jumlah pelanggan perusahaan. Karena hal ini sangat
berpengaruh terhadap tingkat keuntungan (profitability), penguasaan pasar,
posisi pasar serta tingkat pertumbuhan
dan stabilitas perusahaan.
Berhasil tidaknya pelaksanaan kegiatan suatu organisasi
atau perusahaan sangat bergantung pada tingkat kemampuan pimpinan untuk
mengarahkan dan mengendalikan semua
fungsi manajerial yang telah ditetapkan. Dimana selalu dihadapkan pada
bagaimana mengambil keputusan yang tepat. Dalam mengambil keputusan manajemen
harus mampu mempertimbangkan situasi dan kondisi yang dihadapi. Apakah
keputusan yang diambil dapat membantu dalam pencapaian tujuan. Ukuran
pencapaian tujuan tersebut selalu dinyatakan dalam ukuran kuantitatif atau
angka-angka, seperti, berapa besar share market, berapa tingkat keuntungan
(profit) yang dihasilkan dari kebijakan-kebijakan yang telah diambil. Untuk itu
seorang manajer harus selalu melakukan pengendalian, yaitu menilai,
mengevaluasi usaha-usaha yang telah dilakukan agar sesuai dengan apa yang
direncanakan. Hasil evalusi akan digunakan sebagai landasan dalam membuat
penyesuaian yang diikuti dengan keputusan, kebijaksanaan dan strategi baru.
Secara umum manajemen selalu menawarkan dan menerima
jika adanya permintaan yang membutuhkan jasa perusahaan, walaupun sebenarnya
perusahaan belum siap memberikan nilai yang memuaskan, baik dari segi kualitas,
harga maupun bentuk pelayanan sehingga justru akan menimbulkan ketidakpuasan
pelanggan dibandingkan pengorbanan yang mereka keluarkan.
Di sisi lain, pihak manajemen tentunya sangat menyadari
bahwa pelanggan merupakan solusi bagi keberlangsungan kegiatan perusahaan. Hal
ini sering dinyatakan dalam bentuk cara yang penuh warna yang menggambarkan
komitmen perusahaan untuk dapat menarik, mempertahankan dan bahkan memasuki
segmen pasar yang memberikan peluang lebih besar menjadi pasar sasarannya.
Setelah berlangsungnya kegiatan perusahaan, sering kali
ditemukan masalah yang diluar rencana,
baik disebabkan oleh kurang profesionalnya para manajemen dalam menjalankan
fungsinya maupun karena faktor lain. Dan hal itu tentunya membutuhkan suatu
evaluasi atau lebih kita kenal dengan “Pengendalian Manajemen.”
PT. Samudera Puranabile Abadi adalah salah satu
perusahaan yang bergerak dibidang jasa Dok/Galangan Kapal di kota Bitung. Melihat begitu banyak persaingan
dengan perusahaan Dok/Galangan Kapal lainnya yang lebih dulu eksis dan unggul
dalam berbagai hal, tentunya perusahaan yang masih tergolong baru ini, memiliki
segmen pasar yang menjadi pasar sasarannya relatif lebih kecil. Sehingga kapal
yang direparasi lebih kecil jumlahnya, dan tentunya berdampak pada
keberlangsungan perusahaan. Maka di perlukan strategi pengendalian manajemen
guna membuka pasar sasaran yang lebih luas sehingga diharapkan dapat menarik
pelanggan baru. Berdasarkan masalah yang dihadapi dan pokok pikiran diatas,
penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan
rumusan judul:
“Pengendalian
Harga Dan Pelayanan Sebagai Strategi Pada PT. Samudera Puranabile Abadi Unit Dok Bitung
Untuk Pengembangan Pasar Sasaran.”
1.1.Perumusan Masalah Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
Selain disebabkan oleh “competitor factor” ada beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya
pelanggan yang menggunakan jasa suatu perusahaan galangan yaitu pasar sasaran
yang menjadi target pasar masih terlalu terbatas. Disamping itu juga faktor eksternal
yaitu ekonomi, sosial, politik dan teknologikal turut memicu ketidakstabilan
baik secara makro maupun mikro. Dalam rangka perluasan pasar sasaran
perusahaan, tentunya dengan memberikan informasi menyangkut berbagai keunggulan
atau kelebihan perusahaan tersebut dari perusahaan lainnya yang sama. Karena
faktor-faktor inilah membuat pelanggan baru akan datang, akhirnya target
maksimal yang ditetapkan oleh perusahaan bisa tercapai.
Berdasarkan uraian dan latar belakang diatas, masalah
dapat dirumuskan sebagai berikut: “Sejauh manakah pengaruh pengendalian harga
dan pelayanan pada PT. Samudera Puranabile Abadi Unit Dok Bitung terhadap
pengembangan pasar sasaran.”
1.2.Tujuan Dan Manfaat Penelitian - Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran
1.
Tujuan Penulisan
Yang diharapkan dari penulisan penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.
Untuk mengetahui implementasi tentang kebijakan
penetapan harga dan pelayanan pada PT. Samudera Puranabile Abadi Bitung.
b.
Untuk melakukan analisis terhadap kebijakan penetapan
harga dan pelayanan mana yang masih perlu dioptimalkan.
2.
Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
a.
Manfaat Ilmiah
Dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan perusahaan terutama
mengenai penetapan harga dan sistem pelayanan yang lebih memberikan nilai dan
kepuasan sehingga dapat meningkatkan kuantitas pengguna jasa perusahaan.
b.
Dapat memberikan saran tentang kebijakan penetapan
harga dan sistem pelayanan yang lebih memberikan nilai dan kepuasan.
c.
Dapat menerapkan teori-teori yang telah dipelajari
untuk memecahkan masalah-masalah yang ada dalam perusahaan.
d.
Dapat berguna bagi pembaca yang membutuhkan bahan
referensi terutama yang berkaitan dengan penetapan harga dan sistem pelayanan
yang lebih memberikan sebagai bahan perbandingan.
e.
Dapat menjadi dasar bagi penelitian lanjutan.
Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Manajemen Pemasaran dengan Judul : Pengendalian Harga Dan Pelayanan Sebagai Strategi Pada PT. Samudera Puranabile Abadi Unit Dok Bitung Untuk Pengembangan Pasar Sasaran, dari mulai BAB I hingga BAB Penutup Termasuk Daftar Pustaka silahkan Kunjungi contoh skripsi lengkap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar