CONTOH SKRIPSI ADMINISTRASI NEGARA JUDUL ANALISIS PENGEMBANGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR REKTORAT UNIVERSITAS HASANUDDIN (STUDI KASUS DIKLAT TEKNIS)

KEMBALI LAGI SAYA AKAN POSTING CONTOH SKRIPSI ADMINISTRASI NEGARA DENGAN JUDUL ANALISIS PENGEMBANGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR REKTORAT UNIVERSITAS HASANUDDIN (STUDI KASUS DIKLAT TEKNIS)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Skripsi Administrasi Negara
 Sumber daya manusia merupakan penggerak dan faktor  utama dalam sebuah organisasi baik organisasi publik maupun swasta, karena itu  dibutuhkan  pengolalaan atau manajemen yang baik yang biasa kita kenal dengan istilah  Manajemen Sumber Daya Manusia.
. Manajemen sumber daya manusia memiliki berbagai fungsi-fungsi diantaranya perencanaan, pengembangan, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemberhentian. (Hasibuan,2006;21). Seluruh fungsi Manajemen Sumber Daya manusia itu bertujuan untuk meningkatkan peran dan kontribusi dari Sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien.  
Dalam menghadapi tuntutan tugas atau pekerjaan baik sekarang maupun yang akan datang, maka kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang merupakan salah satu dari Fungsi MSDM  menjadi sebuah keharusan dan mutlak dilakukan oleh sebuah Organisasi. Pengembangan sumber daya manusia membantu menyiapkan  manusia atau karyawan untuk memikul tanggung jawab lebih tinggi dalam organisasi atau perusahaan .
 Pengembangan sumber daya manusia berhubungan erat dengan peningkatan kemampuan intelektual yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih baik. Pengembangan sumber daya manusia berpijak pada fakta bahwa setiap tenaga kerja membutuhkan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan yang lebih baik. Pengembangan juga membantu para tenaga kerja untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan pekerjaan atau jabatan yang diakibatkan oleh adanya teknologi baru atau pasar produk baru, ini merupakan pendapat dari Sadili (2006;107).
Pengembangan sumber daya manusia pada dasarnya adalah peningkatan prestasi kerja pegawai yang mencerminkan kemampuan anggota organisasi dalam bekerja, artinya prestasi masing-masing pegawai dinilai dan diukur menurut kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya oleh organisasi. Pada sisi inilah prestasi individu menjadi jaminan bagi organisasi bahwa organisasi akan tetap mampu menjawab setiap tantangan perubahan dan bahkan menjangkau setiap kemungkinan perubahan pada masa yang akan datang. Dengan kata lain prestasi organisasi sangat tergantung pada prestasi masing-masing individu anggota organisasi. Skripsi Administrasi Negara
Terkhusus pada organisasi Pemerintahan, Pegawai Negeri Sipil sebagai asset utama SDM aparatur Negara  yang merupakan pilar utama pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Keberadaan Pegawai Negeri Sipil ini sangat strategis dalam menciptakan efisiensi pelayanan kepada masyarakat yang memang menjadi tugas pokok pemerintah. Mengingat peran yang strategis itu, upaya pemberdayaan dan pengembangan karier PNS harus dilakukan secara terencana, terpadu, terorganisasi sehingga dapat terbentuk sosok Pegawai Negeri Sipil yang memiliki kompetensi, semangat pengabdian, pengayoman dan profesionalisme.
Untuk membentuk sosok Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berkualitas, maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mengarah kepada tujuan diatas, salah satunya Pendidikan dan Latihan atau biasa disingkat dengan istilah Diklat. Diklat merupakan suatu proses pembelajaran dalam organisasi yang mengarah pada perubahan sikap dan perilaku pegawai guna memenuhi harapan kualifikasi kerja dan tuntutan perkembangan organisasi baik internal maupun eksternal. Berdasarkan PP RI No. 101 tahun 2000, disebutkan bahwa tujuan diklat antara lain: meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap untuk dapat melakukan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan instansi,memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan,pengayoman dan pemberdayaan masyarakat, menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir. Dengan adanya PP tersebut memberikan penekanan pada kualitas pegawai negeri untuk selalu meningkatkan kapasitas/kualitas diri yaitu dengan mengikuti diklat. Skripsi Administrasi Negara

Dalam Proses pelaksanaan Diklat yang dilakukan oleh Bagian Kepegawaian Unhas, tentunya mengalami banyak kendala, dan secara umum dialami oleh seluruh organisasi pemerintah, seperti yang dikemukakan oleh  Miftah Thoha dalam hasil penelitiannya ditemukan beberapa masalah dalam pelaksanaan diklat, seperti :
1.    Adanya kurikulum diklat yang belum sesuai dengan kebutuhan untuk peningkatan kinerja pegawai dan organisasi. Demikian pula dengan ada materi yang kurang berbobot dan tidak berkaitan langsung dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pegawai
2.    Kualitas pengajar di diklat juga ada yang perlu dipertanyakan, terutama pengajar yang dalam memberikan materi di kelas semata-mata berorientasi pada pemenuhan kuota jam
3.    Selama ini belum pernah dilakukan evaluasi terhadap pegawai yang sudah mengikuti diklat (alumni peserta diklat). Evaluasi diklat hanya dalam bentuk output berupa sertifikat dan dilakukan sesaat setelah pegawai selesai mengikuti diklat, tetapi tidak setelah pegawai kembali ke instansinya.
4.    Terbatasnya anggaran  untuk melakukan Diklat.(2010:91)


Untuk mencapai tujuan diklat tentunya dibutuhkan pengelolaan atau manajamen diklat yang baik dalam pelaksanaannya, seperti yang dikemukakan oleh Barnardin dan Russel dalam Ambar & Rosidah (2003:178), bahwa dalam pelaksanaan program diklat mempunyai tiga tahap aktivitas yang harus dilalui, mencakup penilaian kebutuah diklat, pengembangan program pelatihan, dan evaluasi program pelatihan. Ketiga tahap ini semestinya diperhatikan dalam pelaksanaan diklat agar  kualitas diklat menjadi baik sehingga tujuan dari diklat bisa tercapai.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk meniliti tentang pelaksanaan pengembangan Sumber Daya Manusia pada Kantor Rektorat Universitas Hasanuddin yang berjudul :
‘ANALISIS PENGEMBANGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR REKTORAT UNIVERSITAS HASANUDDIN (STUDI KASUS DIKLAT TEKNIS)’
I.2 Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian yang di rumuskan dalam bentuk :
Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan Pegawai Negeri Sipil di Kantor Rektorat Universitas Hasanuddin melalui Program Diklat Teknis?



I.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian Skripsi Administrasi Negara

I.3.1 Tujuan Penelitian Skripsi Administrasi Negara

            Adapun tujuan penelitian ini adalah sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, yaitu :
Untuk  mendeskripsikan pengembangan Pegawai Negeri Sipil khususnya melalui Program diklat teknis meliputi tahap analisis penilaian kebutuhan pelatihan, tahap pengembangan program diklat dan tahap evaluasi Pelatihan di Kantor Rektorat Universitas Hasanuddin.
 3.3.2 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
a. Secara akademis, penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kita dalam pembahasan-pembahasan mengenai Manajemen publik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan informasi yang berguna bagi masyarakat dan sebagai bahan referensi yang mendukung bagi peneliti maupun pihak lain yang tertarik dalam bidang penelitian yang sama.
b. Secara praktis, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan positif bagi pihak Universitas Hasanuddin dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pengembangan Pegawai Negeri Sipil untuk meningkatkan peran dan kualitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat terutamanya kepada mahasiswa Universitas Hasanuddin.

Selengkapnya terkait contoh skripsi administrasi negara ini lengkap dari BAB1 hingga BAB5 penutup silahkan miliki di sini
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...