CONTOH SKRIPSI TEKHNIK ELEKTRO JUDUL : Pengaturan Kecepatan Pada Motor DC Dengan Mengatur Tegangan Menggunakan Sudut Penyalaaan SCR

CONTOH SKRIPSI TEKHNIK ELEKTRO JUDUL : Pengaturan Kecepatan Pada Motor DC Dengan Mengatur Tegangan Menggunakan Sudut Penyalaaan SCR

BAB I
PENDAHULUAN 
I.1. Latar Belakang
            Sebagaimana kita ketahui, pada masa sekarang ini perindustrian dinegara kita mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik pada perindustrian besar maupun industri kecil sejalan dengan perkembangan industri tersebut kebutuhan akan motor-motor listrik meningkat pula sesuai dengan kebutuhan pasar.
            Motor arus searah ialah suatu mesin yang berfungsi mengubah tenaga listrik arus searah (listrik DC) menjadi tenaga gerak atau tenaga mekanik, dimana tenaga gerak tersebut berupa putaran dari pada rotor.
            Secara umum ada tiga metode pengaturan yang sering digunakan untuk mengatur kecepatan motor , yaitu :
  1. Pengaturan arus medan (fielt current control)
Metode ini paling sering digunakan dan merupakan salah satu keuntungan yang menonjol dari motor-motor shunt.
  1. Pengaturan tahanan rangkaian jangkar (Armature circuit resistance control)
Metode ini paling umum digunakan untuk pengaturan kecepatan bagi motor arus searah seri, sebab akan diperoleh perubahan kecepatan yang lebar karena adanya perubahan tahanan.
  1. Pengaturan tegangan terminal jangkar (Armature terminal voltage control)
Cara yang paling umum digunakan dalam pengaturan tegangan terminal jangkar ini adalah “sistem ward-leonard” yang merupakan himpunan genarator motor tersendiri untuk mencatu daya kejangkar dari yang kecepatannya akan diatur.
Dewasa ini, kemajuan teknologi dibidang Elektronika Daya begitu pesatnya. Sehingga pengaturan kecepatan motor arus searah yang sebelumnya diatur dengan metode-metode diatas, kini telah dilakukan dengan menggunakan komponen Elektronika Daya.

Maka dalam tugas akhir ini penulis akan mengetengahkan suatu penelitian mengenai “Pengaturan Kecepatan Pada Motor DC Dengan Mengatur Tegangan Menggunakan Sudut Penyalaaan SCR”
Selengkapnya terkait CONTOH SKRIPSI TEKHNIK ELEKTRO JUDUL : Pengaturan Kecepatan Pada Motor DC Dengan Mengatur Tegangan Menggunakan Sudut Penyalaaan SCR, dari mulai BAB I hingga BAB 5 Penutup silahkan cek di sini 
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...