BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Masalah
Dalam era persaingan perusahaan seperti sekarang
ini laju persaingan antar perusahaan semakin tajam. Persaingan merupakan
masalah yang timbul dari luar perusahaan dimana persaingan akan timbul dari
perusahaan lain yang sejenis. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan itu
adalah dengan mendapatkan konsumen yang sebanyak-banyaknya yaitu dengan cara
mempromosikan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
Pada dasarnya
suatu perusahaan didirikan adalah untuk mencapai tujuan yang diharapkan, baik
tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Salah satu faktor penunjang dalam
pencapaian usaha tersebut adalah dalam bidang “analisis biaya promosi”. Biaya promosi adalah semua beban yang
dikeluarkan guna keperluan promosi. Biaya promosi adalah unsur dari laporan
keuangan sehingga apabila kita ingin menganalisis biaya promosi maka kita harus
menelaah laporan keuangan dahulu. membedah laporan keuangan kedalam
unsur-unsurnya, menelaah masing-masing unsur tersebut dan menelaah hubungan
antara unsur-unsur tersebut dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan
pemahaman yang baik dan tepat atas laporan itu sendiri, sehingga kita temukan
unsur biaya promosi dan hubungannya dengan unsur lain.
Kemampuan
perusahaan dalam mengatur keuangannya dapat mendatangkan keuntungan yang tak
sedikit bagi perusahaan. Dalam mengeluarkan biaya perusahaan harus berusaha
menyesuaikan dengan kebutuhan tanpa meninggalkan norma-norma perdagangan.
Secara teknis
hal ini dapat dicapai apabila perusahaan dapat menentukan strategi pemasarannya
dengan cara menganalisa tepat terhadap kegiatan pada marketing mix yaitu
mengadakan analisa terhadap produk, harga, saluran distribusi maupun promosi.
Promosi
merupakan salah satu bidang dari kegiatan pemasaran yang pada umumnya dapat
digunakan bagi perusahaan dalam usaha memperbesar volume penjualannya. Hal ini
dilakukan apabila produk harga saluran distribusi telah ditetapkan secara tepat
oleh perusahaan, maka promosi akan berperan sangat penting.
Dalam melakukan
kegiatan produksi, perusahaan memerlukan suatu pengorbanan biaya yang cukup
besar. Dengan biaya promosi yang besar diharapkan juga kegiatan promosi akan
semakin luas dalam menjangkau konsumen dan dapat mencapai jumlah permintaan
yang lebih besar pula, besarnya volume penjualan dipengaruhi oleh faktor
promosi, sedangkan besar kecilnya biaya promosi tergantung pada pihak marketing
yang melakukannya.
Sebagai
perusahaan yang sedang berkembang, PT Pesona Remaja Malang selaku perusahaan
yang bergerak dalam industri garmen yang memproduksi celana panjang dengan merk
AKO dan CAESAR menghadapi banyak tantangan. Tantangan tersebut bisa berasal
dari perusahaan garmen sejenis atau perusahaan lain dengan merk dagang yang
lebih terkenal. Maka itu promosi merupakan hal yang efektif dalam menunjang
pemasaran maka penulis mengambil judul “Analisis biaya Promosi Terhadap
Peningkatan Volume Penjualan Pada Perusahaan Konveksi PT Pesona Remaja Malang”.
Rumusan
Masalah
Dalam
melakukan kegiatan produksi, perusahaan memerlukan suatu pengorbanan biaya yang
cukup besar. Dengan biaya promosi yang besar diharapkan juga kegiatan promosi
akan semakin luas dalam menjangkau konsumen dan dapat mencapai jumlah
permintaan yang lebih besar pula, besarnya volume penjualan dipengaruhi oleh
faktor promosi, sedangkan besar kecilnya biaya promosi tergantung pada pihak
marketing yang melakukannya.
Berdasarkan
keadaan yang ada PT Pesona Remaja yang hanya menggunakan media promosi satu
jenis saja dalam satu tahunnya, hal ini lebih
disebabkan asumsi perusahaan bahwa dengan meminimalisasikan biaya
promosi dapat mengurangi pengeluaran, yang berarti keuntungan dari omset
penjualannya tidak berkurang banyak guna biaya promosi.
Berdasarkan ruang lingkup penelitian diatas
maka perumusan masalah yang diajukan adalah
Bagaimana
hubungan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Pesona Remaja?
Seberapa besar
pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Pesona Remaja?
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui :
Hubungan dan tingkat
pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Pesona Remaja Malang.
Seberapa besar
pengaruh biaya penyebaran pamflet, biaya bursa pasar murah, biaya iklan radio (biaya promosi) terhadap volume penjualan pada perusahaan
konveksi PT Pesona Remaja Malang.
Selengkapnya terkait CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN JUDUL : ANALISIS BIAYA PROMOSI (COST PROMOTION) TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Konveksi PT Pesona Remaja Malang), Dari mulai BAB I hingga BAB 5 Penutup Silahkan Cek di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar