CONTOH SKRIPSI PEMASARAN : KEBIJAKAN SALURAN DISTRIBUSI DAN PERIKLANAN YANG EFEKTIF GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN SEPATU KARONA MALANG
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah (Contoh Skripsi Pemasaran)
Krisis ekonomi dewasa ini, mengakibatkan perkembangan
perekonomian Indonesia mengalami suatu ancaman. Perkembangan bisnis yang juga
turut merasakan dampak dari krisis ekonomi tersebut, menuntut perusahaan untuk selalu
tanggap terhadap situasi dan kondisi yang ada. Manajemen merupakan pengambil
keputusan dan tindakan yang mengarah pada perkembangan suatu strategi yang
efektif untuk membantu pencapai tujuan perusahaan. Dalam menentukan suatu
strategi yang tepat harus dimulai dengan identifikasi, menganalisis dan
mendiagnosis kesempatan, kekuatan, ancaman, kelemahan dan peluang yang ada.
Perubahan suatu lingkungan mempunyai dua arti bagi
suatu perusahaan yaitu dapat menjadi suatu peluang untuk meningkatkan dan
pengembangan usaha, akan tetapi perubahan tersebut juga dapat menjadikan suatu
ancaman bagi perusahaan. Oleh karena itu manajemen perusahaan dituntut untuk
selalu bersikap tanggap dan adaptif serta dapat menyesuaikan diri terhadap
perubahan lingkungan. Kebijaksanaan manajemen perusahaan merupakan suatu sistem
dan keseluruhan ilmu ekonomi, seperti manajemen pemasaran, manajemen produksi,
manajemen keuangan dan manajemen personalia untuk menyelesaikan masalah yang
dihadapi perusahaan.
Salah satu aspek yang cukup penting dalam manajemen
pemasaran adalah mengenai saluran distribusi. Dan seperti diketahui bahwa
tujuan pemasaran secara langsung maupun tidak langsung adalah untuk melancarkan
arus perpindahan barang dari produsen ke konsumen. Begitu juga dengan masalah promosi
khususnya periklanan, di mana untuk memperkenalkan dan menarik suatu konsumen
terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan diperlukan suatu media
periklanan, untuk menarik minat konsumen. Untuk dapat tercapainya tujuan
tersebut, maka salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan adalah
mengedfektifkan saluran distribusi dan periklanan yang ada sehingga dapat
meningkatkan volume penjualan.
Dengan adanya suatu sarana pemasaran yang baik dan
memadai diharapkan penyaluran barang dari produsen ke konsumen dapat berjalan dengan lancar, sehingga
pemasaran hasil produksi dari perusahaan dapat ditingkatkan dan dapat diketahui
bahwa perusahaan bukan semata-mata untuk memproduksi saja, akan tetapi juga
mempertimbangkan penyaluran hasil produksi ke pasar.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik
mengadakan penelitian mengenai kebijakan saluran distribusi dan periklanan pada
perusahaan sepatu Karona Malang. Sehingga di sini, penulis memilih judul sesuai
dengan permasalahan yang akan diangkat yaitu : “Kebijakan Saluran Distribusi
dan Periklanan Yang Efektif Guna Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan
Sepatu Karona Malang”.
B.
Permasalahan (Contoh Skripsi Pemasaran)
1. Masalah
Setiap perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya untuk
mencapai tujuan perusahaan akan menghadapai berbagai rintangan atau masalah.
Masalah atau rintangan ini adalah setiap kesulitan yang menggerakkan manusia
untuk memecahkannya, masalah itu dapat dirasakan sebagai suatu rintangan atau
hambatan yang harus dilalui dengan jalan mengatasi dengan baik, sehingga
aktivitas perusahaan dapat berjalan dengan lancar kembali dan tujuan yang telah
ditetapkan dapat tercapai.
Adapun masalah yang dihadapi oleh perusahaan Sepatu
Karona Malang adalah kurang efektifnya kebijakan saluran distribusi dan
periklanan yang menyebabkan menurunnya volume penjualan.
2. Perumusan Masalah
Setelah mengetahui masalah yang dihadapi perusahaan
tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : “Sejauh mana
kebijakan saluran distribusi dan periklanan yang efektif dapat meningkatkan
volume penjualan pada perusahaan Sepatu Karona Malang”.
C. Tujuan
Penelitian (Contoh Skripsi Pemasaran)
1.
Untuk mengetahui kebijakan saluran distribusi dan
periklanan yang digunakan perusahaan.
2.
Untuk mengetahui sejauh mana hubungan dan pengaruh
kebijakan saluran distribusi dan periklanan terhadap volume penjualan.
D. Kegunaan
Penelitian (Contoh Skripsi Pemasaran)
1. Bagi penulis
Dapat
digunakan sebagai bahan perbandingan antara teori yang diterima di akademik
dengan kenyataan yang ada pada perusahaan.
2. Bagi perusahaan
Dapat
dijadikan salah satu masukan/informasi bagi perusahaan yang dapat digunakan
sebagai pertimbangan dalam penelitian pengambilan keputusan pada masa yang akan
datang, khususnya pada bidang pemasaran dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam
menghadapi permasalahan yang merupakan penghalang untuk mencapai tujuan.
3. Bagi pihak lain
Dapat
digunaka sebagai suatu informasi ilmu pengetahuan dan wawasan, serta dapat pula
dijadikan kajian ulang penellitian selanjutnya, yaitu dalam bidang pemasaran
khususnya masalah saluran distribusi dan periklanan.
CONTOH SKRIPSI PEMASARAN: KEBIJAKAN SALURAN DISTRIBUSI DAN PERIKLANAN YANG EFEKTIF GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN SEPATU KARONA MALANG. SELNGKAPNYA DARI MULAI BAB 1 HINGGA BAB TERAKHIR SILAHKAN KUNJUNGI CONTOH SKRIPSI DI SINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar