Contoh Skripsi Manejemen Sumber Daya Manusia MSDM Judul ANALISIS REKRUTMEN TENAGA KERJA (Studi di Koperasi Agro Niaga Indonesia Syari’ah di Dau Malang)

Kali ini saya akan memposting Contoh Skripsi Ekonomi Manejemen Sumber Daya Manusia MSDM Judul ANALISIS REKRUTMEN TENAGA KERJA (Studi di Koperasi Agro Niaga Indonesia Syari’ah di Dau Malang)

Bab I
Pendahuluan

 a.  Latar belakang
            Rekrutmen karyawan-karyawan baru pada sebuah perusahaan atau organisasi merupakan tantangan bagi departemen personalia, kadang-kadang kebutuhan karyawan baru sudah diketahui dengan jelas sebelumnya karena adanya perencanaan sumber daya manusia yang disusun dengan baik, tetapi pada saat yang lain departemen personalia dihadapkan pada permintaan karyawan baru yang mendadak untuk mengisi lowongan secepat mungkin, dalam kondisi seperrti ini pencarian orang-orang (pelamar) merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secepat mungkin dengan selektif dan efektif.
Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang sangat penting bagi perusahaan dan hanya dapat diperoleh melalui upaya-upaya rekrutmen yang baik, bagaimana juga haruslah tersedia informasi yang akurat dan berkelanjutan mengenai kuantitas dan kualitas individu yang akan diperlukan untuk mengisi jabatan yang lowong dalam menjalankan sebagian kegiatan perusahaan.
Kebutuhan mutlak akan sumber daya manusia yang tangguh tidak dapat dipungkiri mengingat menghadapi abad baru ini perusahaan dan organisasi akan menemui suatu bentuk persaingan yang komplek dengan variasi, identitas dan cukupan yang mungkin belum pernah dialami sebelumnya, sehingga orientasinya atau perusahaan membutuhkan orang-orang yang tangguh yang sanggup beradaptasi dengan cepat untuk setiap perubahan yang mungkin terjadi yang sanggup bekerja dengan cara-cara yang baru dan dengan kecakapan.
Sumber daya manusia dalam sebuah organisasi merupakan salah satu faktor yang paling penting dan hanya akan diperoleh melalui upaya
Rekrutmen tenaga kerja yang tepat, disamping itu informasi akurat dan berkelajutan haruslah tersedia mengenai jumlah dan kualifikasi individu yang diperlukan untuk melaksanakan berbagai pekerjaan dalam organisasi (simamora, 1995:165).
Faktor-faktor sumber daya manusia sangat komplek dalam artian bahwa pembahasan ini meliputi rekrutmen, seleksi, analisis tenaga kerja dan sebagainya. Dari serangkaian kegiatan tersebut tidak diragukan lagi bahwa proses rekrutmen tenaga kerja hal yang sangat penting. Kadang-kadang kebutuhan karyawan baru sudah diketahui dengan jelas sebelumnya, karena adanmya perencanaan sumber daya manusia yang disusun dengan baik.
Tahapan proses saat ini sangat penting karena kegiatan rekrutmen karyawan yang tepat akan menghasilkan tenaga kerja dengan kemampuan yang maksimal, dan ini sangat menguntungkan organisasi secara keseluruan.  
 menurut handoko (1999:69) rekrutmen  tenaga kerja (rekrutmen) adalah  proses mencari dan memikat para calon karyawan  yang mampu untuk melamar sebagai karyawan yang dimulai ketika para pelamar dicari dan berakhir bila lamaran-lamaran mereka diserahkan dan menghasilkan sekumpulan pencari kerja yang akan diseleksi. Agar perusahaan lebih mudah untuk menarik sekumpulan besar calon pelamar kerja dan kualifikasi yang baik dan dibutuhkannya proses rekrutmen yang baik.
Manajemen sebagai salah satu instrumen penting dalam pengelolaan organisasi dalam kompensasi apapun profid oriented maupun organisasi nirlaba sekalipun. Kegiatan manajemen mengintegrasikan antara sumber daya yang ada dan diantara sumber daya tersebut mempunyai peranan penting sebagai kekuatan organisasi adalah sumber daya manusia (human resource). Dalam perkembangan ilmu manajemen dewasa ini tidak lagi menganggap sumber daya manusia sebagai faktor yang produksi (pasif) yang dapat dimekanisasikan begitu saja. Berbanding lurus dengan faktor produksi lainnya. Realita mengatakan bahwa manusia sebagai bagian dari organisasi dan manajemen tak lepas dari sifat utuh manusianya yang selalu aktif dan dinamis atas segala kondisi internal maupun eksternal.

"Contoh Skripsi Ekonomi Manejemen Sumber Daya Manusia MSDM Judul ANALISIS REKRUTMEN TENAGA KERJA (Studi di Koperasi Agro Niaga Indonesia Syari’ah di Dau Malang)"

            sumber daya manusia (human resource) adalah aset pokok dalam organisasi apapun, kualitas sumber daya manusia yang dimiliki akan mencerminkan produk apa yang akan dihasilkan dan coba disajikan pada konsumen menjadi nilai tawar tersendiri bagi sumber daya manusia yang siap dan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tenaga kerja atau sumber daya manusia seperti apa yang sesuai untuk melaksanakan job yang ada dalam organisasi tersebut, akan menjadi sebuah dilema nantinya bagi oraganisasi tersebut jika nantinya manajemen sumber daya manusia tidak mampu menyediakan sumber daya manusia yang handal dan mampuni dibidangnya.
            individu muslim yang baik adalah mereka yang memperhatikan faktor dunia dan akhirat secara seimbang. Penyeimbangan aspek dunia dan akhirat tersebut merupakan karakteristik unit yang terdapat dalam sistem ekonomi islam.
            pengambilan koperasi agro niaga indonesia syari’ah sebagai lokasi penelitian adalah mengingat potensi tersebut yang cukup besar dengan wilayah yang cukup luas, semakin berkembangnya unit usaha yang ada dan semakin bertambahnya nasabah merupakan salah satu buktinya, potensi tersebut jika tidak didukung oleh tenaga kerja yang berkualitas tentunya tidak akan dapat dimanfaatkan secara maksimal agar sebuah perusahaan dapat beroperasi secara efektif dan efisien maka perlu adanya manajemen yang baik terutama yang berkaitan baik secara langsung atau tidak langsung dengan personalia atau tenaga kerja. Proses rekrutmen merupakan tahapan yang paling awal dalam manajemen personalia, sehingga kalau diabaikan dan menggangu kinerja perusahaan tentunya akan sangat berpengaruh pada elemen-elemen perusahaan lainnya. 
            koperasi agro niaga indonesia syari’ah merupakan koperasi yang memiliki basis koperasi syari'ah dan para karyawan merupakan cerminan  bagaimana tingkah laku atau batasan yang sesuai dengan kriteria-kriteria dalam ekonomi islam mengingat koperasi agroniaga indonesia merupakan koperasi syari'ah. Dengan latar belakang yang seperti diatas maka penulis memberi judul “analisis rekrutmen tenaga kerja (studi di koperasi agro niaga indonesia syari’ah di dau malang).

B. Rumusan masalah
  1. Bagaimana proses  rekrutmen yang diterapkan oleh koperasi agro niaga indonesia syari’ah?
  2. Bagaimana rekrutmen tenaga kerja yang diterapkan oleh koperasi agro niaga indonesia syari’ah dalam prespektif ekonomi islam?

C. Tujuan penelitian
  1. Untuk mengetahui proses rekrutmen  tenaga kerja yang diterapkan selama ini.
  2. Untuk mengetahui proses rekrutmen tenaga kerja yang ada di koperasi agro niaga indonesia  dalam prespektif ekonomi islam.
D.  Batasan masalah
            dalam penelitian ini peneliti memberi batasan masalah, agar pembahasan dalam penelitian ini tidak terlulu meluas adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah terletak pada tingkat proses dalam rekrutmen tenaga kerja.

E. Manfaat penelitian
  1. Bagi peneliti
Untuk memperoleh penambahan wawasan dan pengetahuan tentang analisis rekrutmen  tenaga kerja.
  1. Bagi pihak fakultas ekonomi
Sebagai konstribusi positif untuk pengembangan  dan kemajuan wawasan keilmuan pada masa yang akan datang
  1. Bagi koperasi agro niaga indonesia syari’ah
Dari penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan dan juga sebagai konsep baru dalam proses perekrutan tenaga kerja yang baru.

Selengkapnya Terkait Contoh Skripsi Ekonomi Manejemen Sumber Daya Manusia MSDM Judul ANALISIS REKRUTMEN TENAGA KERJA (Studi di Koperasi Agro Niaga Indonesia Syari’ah di Dau Malang) Dari BAB I Sampai BAB 5 Penutup Termasuk Daftar Pustaka bisa Dapatkan File Skripsi Di Sini
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...