Kembali lagi saya akan posting terkait CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN JUDUL PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK ACER DI ACER POINT MALANG
BAB I
PENDAHULUAN
Maraknya notebook yang beredar di Indonesia jelas menimbulkan
persaingan antara produsen satu dengan produsen lain ini bisa kita lihat dengan
adanya berbagai merek yang ada di pasar. notebook alias laptop adalah komputer
jinjing yang berukuran kecil dan ringan meski ukurannya kecil fungsinya tetap
maksimal, terutama untuk berselancar di dunia maya. Ciri-ciri utamanya,
notebook ini berbentuk kecil sekaligus ramping. Selain itu, notebook mempunyai
fungsi atau fitur utama untuk koneksi internet. Di tengah krisis sekarang,
orang tentu akan mencari notebook yang harganya miring tapi tetap bisa asyik
buat main internet. Kebutuhan inilah yang memperbesar pasar notebook di tanah
air. Dalam perkembangannya, notebook lebih banyak digunakan untuk mengakses
internet. Hal ini memungkinan ketika seseorang dengan notebook terhubung dengan
internet dengan memanfaatkan titik akses atau dikenal dengan hot spot terdekat tanpa harus ke warung internet. lunjap.wordpress.com
Merek-merek notebook yang beredar di Indonesia sangat banyak
sehingga konsumen sangat mudah untuk memilih berbagai macam merek notebook. Ada
berbagai macam merek notebook yang beredar di Indonesia mulai Acer, Toshiba,
Compaq, Lenovo, Axioo, Sony. Seluruh produsen notebook ini mempunyai produk-
produk unggulan masing-masing dan semuanya bersaing dalam merebutkan pasar
konsumen di Indonesia melalui berbagai macam terobosan dan inovasi. Sedangkan
untuk mengambarkan skala global pasar notebook pada tahun 2005 - 2009 bisa kita
lihat tingkat pangsa pasar dari berbagai merek notebook yang ada di pasar pada
tabel berikut:
TABEL 1.1
DATA PANGSA PASAR NOTEBOOK
TAHUN
|
NO
|
MEREK
|
MARKET SHARE
|
2005
|
1
|
Toshiba
|
33%
|
2
|
Acer
|
25%
|
|
3
|
Compaq
|
9,4%
|
|
4
|
Lenovo
|
7,5%
|
|
5
|
Axioo
|
4,6%
|
|
6
|
Sony
|
3,7%
|
|
2006
|
1
|
Toshiba
|
42,4%
|
2
|
Acer
|
30%
|
|
3
|
Compaq
|
10,5%
|
|
4
|
lenovo
|
8,5%
|
|
5
|
Axioo
|
4,8%
|
|
6
|
Sony
|
4,1%
|
|
2007
|
1
|
Acer
|
20,1%
|
2
|
Axioo
|
19,9%
|
|
3
|
Compaq
|
17%
|
|
4
|
Toshiba
|
14%
|
|
5
|
Lenovo
|
8,8%
|
|
6
|
Sony
|
5,6%
|
|
2008
|
1
|
Acer
|
35%
|
2
|
Lenovo
|
27,5%
|
|
3
|
Compaq
|
19,9%
|
|
4
|
Toshiba
|
18%
|
|
5
|
Axioo
|
14,9%
|
|
6
|
Sony
|
4,1%
|
|
2009
|
1
|
Acer
|
43,2%
|
2
|
Toshiba
|
30,5%
|
|
3
|
Lenovo
|
30%
|
|
4
|
Compaq
|
22,6%
|
|
5
|
Axioo
|
22%
|
|
6
|
Sony
|
5,8%
|
Data:
Studi Riset Gartner (www. kompas.com Minggu (14/06/09).
Keberadaan Acer mempunyai
ciri khas sendiri dibandingkan merek lain, Acer adalah produsen komputer yang
memang bisnis intinya adalah komputer. Ini yang membedakan dari produsen
lainnya. Seperti Toshiba, Sony, dan
lain-lain. yang menempatkan notebook hanya sebagai salah satu bagian bisnisnya.
Jadi Acer dapat lebih konsentrasi di industri ini...................
Menurut Durianto (2004;40) ekuitas merek adalah konsep multi
dimensional yang terdiri dari kesadaran merek (brand awarenes), kualitas
yang di persepsikan (perceived quality), asosiasi merek (brand association),
loyalitas merek (brand loyality), dan indikator obyektif lain
seperti persepsi nilai (perceived value). Dimensi ekuitas merek, seperti
kesadaran merek (brand awarenes), merupakan dasar dari proses pemahaman
akan suatu merek yang mana akan membentuk suatu kesan merek yang khusus.
Pemahaman suatu merek atau kesadaran suatu merek sebagai suatu yang
menghubungkan memori dengan otak, dan kesan merek sebagai sekumpulan
asosiasi merek yang berguna.
Sedangkan kualitas yang dipersepsikan oleh konsumen (perceived
quality) pada suatu produk adalah tindakan subyektif konsumen pada produk
yang menurut dia mempunyai suatu keunggulan dari pada produk lain Aaker
dalam Durianto (2004;16). Pengalaman menggunakan produk secara personal,
kebutuhan unik, dan situasi konsumsi dapat mempengaruhi penilaan
subyektif konsumen terhadap kualitas suatu produk.
"CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN JUDUL PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK ACER DI ACER POINT MALANG"
Loyalitas merek (brand loyality) merupakan komitmen kuat
dalam membeli atau berlangganan kembali suatu produk atau jasa yang dipilih
secara konsisten dimasa mendatang (Aaker dalam Durianto 2004;19). loyalitas
akan membentuk dan membuat konsumen membeli suatu produk yang bermerek secara
teratur dan konsisten dan tidak mau beralih kemerek lainya. Hal itu berarti
jika konsumen loyal terhadap suatu merek maka ekuitas merek akan meningkat.................................
Seperti contoh di atas pada perusahaan Mercedes yang ekuitas
mereknya terjamin. Hal itu menunjukkan bahwasannya merek akan betul-betul di
cintai oleh konsumenya apabila ekuitas merek produk tersebut terjaga dan kuat
di benak konsumennya.yang mana konsumen akan rela dan senang hati pada merek
tersebut untuk memuaskan kebutuhannya terhadap produk tersebut. Karenanya
pembangunan ekuitas merek dalam suatu perusahaan pada produk yang diciptakannya
merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan produk dipasaran. Dan dengan
modal ekuitas merek yang tangguh produk itu akan kuat bersaing di pasaran
dengan para pesaingnya merek yang lain.
Sedangkan merek Acer merupakan sebuah merek komputer pribadi dunia.
Produk Acer antara lain adalah desktop, notebook, server penyimpanan data,
layar. Pertama kali didirikan dengan nama Multitech yang didirikan pada 1976,
yang kemudian dinamakan Acer pada 1987. Kantor pusatnya terletak di Kota
Sijhih, Taipei County, Taiwan. Sedangkan untuk mengembangkan usahanya di
Indonesia perusahaan Acer banyak membuka gerai-gerai resmi Acer Point di
seluruh Indonesia, salah satunya Acer Point yang ada di Malang. Acer Point yang
ada di Malang merupakan provider resmi Acer yang berfungsi memberikan pelayanan
bagi pelanggan Acer yang ada di daerah Malang. Dari latar belakang diatas
peneliti mengambil judul Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian
notebook Acer Di Acer Point Malang.
1.2. RUMUSAN MASALAH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN
1. Apakah
variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kesan
kualitas, loyalitas merek dan persepsi nilai berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian notebook Acer?
2. Apakah
variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kesan
kualitas, loyalitas merek dan persepsi nilai berpengaruh secara parsial terhadap
keputusan pembelian notebook Acer?
3. Manakah
di antara variabel ekuitas merek yang paling berpengaruh dominan terhadap
keputusan pembelian notebook Acer?
Selengkapnya terkait CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN JUDUL PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK ACER DI ACER POINT MALANG Dari BAB I Sampai BAB 5 Pentup termasuk daftar Pustakan dan lampiran SIlahkan Miliki Skripsinya Di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar