Kali ini saya akan memposting CONTOH SKRIPSI MSDM JUDUL PERAN KARAKTERISTIK INDIVIDU PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) Cabang Malang)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG SKRIPSI MANAJEMEN SDM
Perusahaan merupakan
sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang bisnis baik jasa maupun barang,
dimana organisasi ini berorientasi pada keuntungan yang diperoleh. Semakin
berkembang suatu perusahaan maka keuntungan yang diperoleh semakin besar. Sehingga
peran sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan sangat penting yang dalam hal
ini disebut dengan karyawan (tenaga kerja atau pegawai). Kinerja yang
dihasilkan karyawan menentukan perkembangan suatu perusahaan. Untuk itulah
kinerja dari setiap individu sangat dibutuhkan dalam pengembangan perusahaan.
Industri jasa telah mendominasi perekonomian
hampir semua Negara industri, dan bahkan mampu menciptakan lapangan kerja dan
meningkatkan PDB, lebih dari 50% pekerjaan di Inggris didominasi sektor jasa. Faktor
utama yang membedakan perusahaan-perusahaan jasa adalah kualitas pelayanan. Para
pelanggan semakin piawai dalam permintaan mereka dan semakin menuntut standar
layanan yang lebih tinggi (Arief, 2007:1-179). Untuk itulah, peningkatan
efektivitas kinerja karyawan untuk mewujudkan permintaan para pelanggan sangat
diperlukan.
Kinerja individu
adalah bagaimana seorang pegawai melaksanakan pekerjaannya atau untuk kerjanya.
Kinerja pegawai yang meningkat akan turut mempengaruhi / meningkatkan prestasi
organisasi tempat pegawai yang bersangkutan bekerja, sehingga tujuan organisasi
yang telah ditentukan dapat dicapai (Sedarmayanti, 2009:53). Dimana
tujuan-tujuan organisasi telah dirancang untuk bisa bersaing dengan perusahaan
jasa yang lain.
Menurut
Yuwono, dkk (2005:187), salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan
adalah karakteristik karyawan (person characteristic) yang terdiri dari
1) pengetahuan, kemampuan dan keterampilan, 2) sikap dan motivasi. Karena kinerja berkaitan langsung dengan karyawan. Menurut
Robbins (1996:10) dalam skripsi Fahmi (2009:46-47), karakteristik individu
merupakan perbedaan dari masing-masing sehingga mempengaruhi dalam perilaku
kerja. Dengan mengetahui perbedaan karakter individu, para manajer akan dapat
menentukan tugas-tugas yang sesuai dengan karakternya sehingga peningkatan kinerja
akan dapat dicapai.
PT.
TIKI JNE termasuk salah satu perusahaan yang berkompetisi dalam bidang jasa
titipan kilat. Bisnis yang terkait dengan kepuasan pelanggan ini harus mampu
berkompetisi dengan perusahaan jasa yang lain untuk menumbuhkembangkan
bisnisnya. Pelayanan adalah kunci utama untuk menarik pelanggan dalam bisnis
jasa. Sehingga kualitas pelayanan tergantung dari kinerja karyawan itu sendiri.
"CONTOH SKRIPSI MSDM JUDUL PERAN KARAKTERISTIK INDIVIDU PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) Cabang Malang)"
Dalam
memenuhi kepuasan pelanggan, PT. TIKI JNE menggunakan sistem real online. Sistem
ini membantu para pelanggan untuk melihat status pengiriman barangnya apakah
sampai di tempat tujuan atau tidak, barang yang dikirim terjadi kerusakan atau
tidak. Dengan adanya sistem real online, karyawan dituntut untuk bekerja
seefektif mungkin. Kinerja yang efektif menentukan keberhasilan perusahaan
dalam melayani pelanggan karena dalam sistem ini melayani pelanggan dalam
pelayanan yang cepat dan tepat. Adanya sistem ini pelanggan bisa mengakses
sendiri status pengirimannya melalui internet.
Sistem
real online ini juga menghubungkan antar perusahaan-perusahaan cabang
yang ada di wilayah seluruh Indonesia dengan perusahaan pusat yang terletak di
Jakarta. Status pengiriman yang ada di suatu wilayah dapat dilihat dengan
jaringan ini. Untuk itulah dalam hal ini efektivitas kinerja
dibutuhkan.
Perusahaan
PT. TIKI JNE cabang Malang terdiri dari beberapa bagian yaitu diantaranya
bagian cash counter, inbound (pemasukan barang), outbound
(pengeluaran barang), customer service, POD (Proof of Delivery), finance
dan Human Resource. Setiap bagian mempunyai karakter karyawan yang
berbeda-beda. Dengan adanya berbagai macam karakter yang berbeda diharapkan
mampu melayani pelanggan semaksimal mungkin. Jika karyawan mampu menghasilkan
kinerja yang maksimal atau efektif maka keuntungan yang diperoleh perusahaan
juga maksimal dan menunjukkan bahwa perusahaan PT. TIKI JNE
cabang Malang mampu bersaing dalam bidang jasa titipan kilat. Akan tetapi,
seringnya keterlambatan dalam pengiriman barang ke tempat tujuan.
Berdasarkan
latar belakang diatas, dalam penelitian penulis mengangkat judul ”Peran
Karakteristik Individu Pada Peningkatan Kinerja Karyawan” pada perusahaan PT.
TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) cabang Malang.
1.2 RUMUSAN
MASALAH SKRIPSI MAMANJEMEN SDM
Adapun rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana peran usia (X1) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang?
2.
Bagaimana
peran jenis kelamin (X2) pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI
JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) cabang Malang?
3.
Bagaimana peran status kawin
(X3) pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha
Ekakurir) cabang Malang?
4.
Bagaimana peran pendidikan (X4)
pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha
Ekakurir) cabang Malang?
5.
Bagaimana peran masa kerja (X5)
pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha
Ekakurir) cabang Malang?
6.
Bagaimana peran jumlah
tanggungan (X6) pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur
Nugraha Ekakurir) cabang Malang?
7.
Bagaimana peran kemampuan (X7)
pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha
Ekakurir) cabang Malang?
8.
Bagaimana peran kepribadian (X8)
pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha
Ekakurir) cabang Malang?
9.
Bagaimana peran sikap (X9) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang?
10. Bagaimana peran kepuasan kerja (X10) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang?
1.3 TUJUAN PENELITIAN SKRIPSI MANAJEMEN SDM
Adapun tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui :
1.
Peran usia (X1) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang.
2.
Peran jenis
kelamin (X2) pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur
Nugraha Ekakurir) cabang Malang.
3.
Peran status kawin (X3) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang.
4.
Peran pendidikan (X4) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang.
5.
Peran masa kerja (X5) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang.
6.
Peran jumlah tanggungan (X6)
pada peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha
Ekakurir) cabang Malang.
7.
Peran kemampuan (X7) pada peningkatan
kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) cabang Malang.
8.
Peran kepribadian (X8) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang.
9.
Peran sikap (X9) pada
peningkatan kinerja karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
cabang Malang.
10. Peran Kepuasan kerja (X10) pada peningkatan kinerja
karyawan (Y) pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) cabang Malang.
Selengkapnya terkait CONTOH SKRIPSI MSDM JUDUL PERAN KARAKTERISTIK INDIVIDU PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) Cabang Malang) Dari Mulai BAB I Sampai BAB 5 Penutup termasuk daftar Pustaka dan Lapiran Silahkan Miliki Filenya di Sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar