Kali ini saya ingin memposting Contoh Skripsi pemasaran yang Berjudul “Analisis Persepsi KonsumenTerhadap Lembaga Kursus Bahasa Inggris YPIA cabang Malang", pada contoh skripsi pemasaran ini, karena hanya sebagai contoh kami postingkan bab 1 :
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Judul Contoh Skripsi pemasaran
“Analisis Persepsi
KonsumenTerhadap Lembaga Kursus Bahasa Inggris YPIA cabang Malang"
1.2 Latar Belakang Contoh Skripsi pemasaran
Banyak sekarang bermunculan
lembaga-lembaga kursus bahasa yang ada di kota Malang, hal ini seiring dengan
meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengusai bahasa Inggris
sebagai bahasa internasional.
YPIA sebagai salah satu
lembaga bahasa Inggris di Malang berusaha untuk membuat persepsi tentang
lembaganya menjadi baik di hati
konsumennya. Hal ini sangat penting mengingat persepsi konsumen akan
sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap lembaga tersebut,
kepercayaan konsumen tentunya akan mempengaruhi jumlah orang yang akan
mengkonsumsi jasa tersebut.
Persepsi
konsumen juga dapat dijadikan sebagai alat promosi yang sangat efektif. Dengan
persepsi konsumen yang baik tentunya ia akan membicarakan kebaikan lembaga
tersebut dan mengajak konsumen lainnya untuk ikut bergabung bersamanya. Keadaan
promosi yang seperti ini disebut dengan promosi word of mouth.
Persepsi
konsumen menjadi sangat penting karena hal ini akan membentuk citra (image)
mengenai lembaga tersebut, citra dapat menjadi aset yang sangat berharga bagi
sebuah perusahaan walaupun tidak dapat di hitung secara pasti tetapi aset ini
dapat dijadikan alat untuk meningkatkan aktiva perusahaan. Aset perusahaan yang
berupa citra yang baik ini disebut dengan goodwill.
Perspsi
didefinisikan Thoha (1992), sebagai proses kognitif yang dialami oleh setiap
orang dalam memahami informasi tentang lingkungannya baik melewati penglihatan,
pendengaran, penghayatan, perasaan, dan penciuman. Dari hal ini dapat dipahami
bahwa persepsi merupakan suatu bentuk penafsiran yang unik dari masing-masing
individu atas stimulus lingkungannya. Menurut Gibson (1996), melalui bagan
proses persepsi menyatakan bahwa terciptanya persepsi ini pada akhirnya akan
menentukan hasil persepsi yang terdiri dari perilaku tanggapan dan bentuk sikap
konsumen. Melalui penafsiran stimulus lingkungan sekitarnya.
Penelitian
mengenai hal seperti ini sangat menarik mengingat persepsi konsumen yang baik
sangat dibutuhkan untuk memenangkan persaingan dimasa yang akan datang. Padahal
pembentukan persepsi ini sangat menentukan keberhasilan pemasaran suatu produk
di pasar.
Persepsi akan menentukan posisi perusahaan
tersebut di dalam benak konsumen, penentuan posisi ini pun sangat penting
karena konsumen cenderung akan mengingat lebih lama mengenai posisi perusahaan
tersebut pada saat didirikan artinya penentuan posisi pada tahap awal akan
lebih lama terdapat di dalam benak konsumen. Posisi perusahaan yang ada dalam
benak konsumen disebut dengan positioning.
Penempatan posisi memiliki arti yang
sangat penting terhadap pemasaran. Seperti diungkapkan oleh Ragis Mckenna
(1996) sebagai berikut:
“Memang inti dari setiap strategi pemasaran yang baik tak lain adalah
suatu strategi penempatan posisi secara tepat. Pemasaran gaya baru adalah dalam
arti luas, suatu pertempuran untuk
merebut posisi “.
Dalam kaitannya dengan berbagai aspek
pemasaran, lebih lanjut Mckenna berpendapat:
“Pencapaian posisi adalah suatu yang vital dalam pemasaran. Segala
aspek pemasaran-pengiklanan, penetapan harga, pengemasan, distribusi, hubungan
masyarakat- sangat dipengaruhi oleh pencapaian posisi, jika misalnya produk
dari suatu perusahaan mendapat posisi yang buruk, maka strategi pemasaran yang
dilakukan akan sia-sia belaka”.
Penempatan posisi (positioning)
semakin penting artinya apabila produk yang dipasarkan adalah produk jasa,
sebab produk ini bersifat abstrak. Penilaian konsumen terhadap citra perusahaan
tidak lagi didasarkan pada yang tampak, tetapi nilai persepsi yang
dirasakan ketika mengkonsumsi jasa
tersebut. Citra tersebut dapat terbentuk melalui cara produk tersebut
disajikan, pengalaman masa lalu, dan penilaian orang lain atas produk yang bersangkutan.
Hal ini seperti ditulis oleh Walker, Boyd, dan Larecce (1992).
“The evaluation of many product is subjective, because it is influenced
by many factors other than physical properties, including the way product are
presented, past experience with them and the opinion of the people”.
Penelitian dilakukan di YPIA Malang
berdasarkan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
1.
YPIA mempunyai ciri khas tersendiri yaitu biaya
kursus yang terjangkau dan kualitas pengajar yang cukup baik.
2.
Perspsi konsumen yang selama ini ada dirasa
cukup baik tetapi dalam waktu berjalan tentunya akan memerlukan evaluasi yang
terus menerus untuk memonitor perkembangan persepsi yang ada pada konsumen.
1.3
Perumusan Masalah Contoh Skripsi pemasaran
Sebagaimana latar belakang penelitian diatas
maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan suatu masalah yang terkait dengan
hal tersebut adalah:
“Variabel-variabel apa saja yang
berpengaruh dalam pembentukan persepsi dari konsumen YPIA Malang”.
1.4
Tujuan Penelitian " Contoh Skripsi pemasaran"
Adapun tujuan dari diadakannya
penelitian ini adalah :
1.
Untuk mengetahui variabel apa saja yang
mempengaruhi pembentukan persepsi dari konsumen YPIA.
1.5
Manfaat Penelitian " Contoh Skripsi pemasaran"
Adapun manfaat yang dapat
diperoleh dari dilaksanakannya penelitian ini diantaranya adalah:
Bagi
perusahaan :
1.
Dapat mengetahui apa yang dipersepsikan
konsumen selama ini.
2.
Apabila persepsi konsumen yang ada sekarang ini
telah dirasa cukup baik maka perusahaan dapat mempertahankannya agar tetap baik
dan apabila tidak perusahaan dapat mengubah posisi yang selama ini
dilakukannya.
3.
Persepsi yang baik akan dapat meningkatkan
tingkat penjualan karena loyalitas konsumen yang meningkat juga karena efek
dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth).
4.
Sebagai tambahan informasi bagi perusahaan dan
bahan masukan dalam pengambilan keputusan.
Bagi peneliti :
Penelitian ini dapat digunakan sebagai
perbandingan sejauh mana teori-teori yang didapat selama masa perkuliahan dapat
diterapkan pada perusahaan secara nyata.
Bagai pihak lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
menjadi bahan perbandingan dalam menambah pengetahuan serta bahan informasi
untuk penelitian selanjutnya khususnya yang tertarik pada bidang permasalahan
ini.
Lebih Lengkapnya pembahasan hingga BAB terakhir termasuk daftar pustaka Contoh Skripsi Pemasaran silahkan Masuk ke Halaman berikutnya Di Sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar