CONTOH SKRIPSI PEMASARAN


Kali ini saya ingin memposting Contoh Skripsi pemasaran yang Berjudul “Analisis Persepsi KonsumenTerhadap Lembaga Kursus Bahasa Inggris YPIA cabang Malang", pada contoh skripsi pemasaran ini, karena hanya sebagai contoh kami postingkan bab 1 :
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Judul Contoh Skripsi pemasaran
“Analisis Persepsi KonsumenTerhadap Lembaga Kursus Bahasa Inggris YPIA cabang Malang"

1.2 Latar Belakang Contoh Skripsi pemasaran
            Banyak sekarang bermunculan lembaga-lembaga kursus bahasa yang ada di kota Malang, hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengusai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
          YPIA sebagai salah satu lembaga bahasa Inggris di Malang berusaha untuk membuat persepsi tentang lembaganya menjadi baik di hati  konsumennya. Hal ini sangat penting mengingat persepsi konsumen akan sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap lembaga tersebut, kepercayaan konsumen tentunya akan mempengaruhi jumlah orang yang akan mengkonsumsi jasa tersebut.
            Persepsi konsumen juga dapat dijadikan sebagai alat promosi yang sangat efektif. Dengan persepsi konsumen yang baik tentunya ia akan membicarakan kebaikan lembaga tersebut dan mengajak konsumen lainnya untuk ikut bergabung bersamanya. Keadaan promosi yang seperti ini disebut dengan promosi word of mouth.
            Persepsi konsumen menjadi sangat penting karena hal ini akan membentuk citra (image) mengenai lembaga tersebut, citra dapat menjadi aset yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan walaupun tidak dapat di hitung secara pasti tetapi aset ini dapat dijadikan alat untuk meningkatkan aktiva perusahaan. Aset perusahaan yang berupa citra yang baik ini disebut dengan goodwill.
            Perspsi didefinisikan Thoha (1992), sebagai proses kognitif yang dialami oleh setiap orang dalam memahami informasi tentang lingkungannya baik melewati penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan, dan penciuman. Dari hal ini dapat dipahami bahwa persepsi merupakan suatu bentuk penafsiran yang unik dari masing-masing individu atas stimulus lingkungannya. Menurut Gibson (1996), melalui bagan proses persepsi menyatakan bahwa terciptanya persepsi ini pada akhirnya akan menentukan hasil persepsi yang terdiri dari perilaku tanggapan dan bentuk sikap konsumen. Melalui penafsiran stimulus lingkungan sekitarnya.
            Penelitian mengenai hal seperti ini sangat menarik mengingat persepsi konsumen yang baik sangat dibutuhkan untuk memenangkan persaingan dimasa yang akan datang. Padahal pembentukan persepsi ini sangat menentukan keberhasilan pemasaran suatu produk di pasar.
Persepsi akan menentukan posisi perusahaan tersebut di dalam benak konsumen, penentuan posisi ini pun sangat penting karena konsumen cenderung akan mengingat lebih lama mengenai posisi perusahaan tersebut pada saat didirikan artinya penentuan posisi pada tahap awal akan lebih lama terdapat di dalam benak konsumen. Posisi perusahaan yang ada dalam benak konsumen disebut dengan positioning.
Penempatan posisi memiliki arti yang sangat penting terhadap pemasaran. Seperti diungkapkan oleh Ragis Mckenna (1996) sebagai berikut:
“Memang inti dari setiap strategi pemasaran yang baik tak lain adalah suatu strategi penempatan posisi secara tepat. Pemasaran gaya baru adalah dalam arti luas,  suatu pertempuran untuk merebut posisi “.

Dalam kaitannya dengan berbagai aspek pemasaran, lebih lanjut Mckenna berpendapat:
“Pencapaian posisi adalah suatu yang vital dalam pemasaran. Segala aspek pemasaran-pengiklanan, penetapan harga, pengemasan, distribusi, hubungan masyarakat- sangat dipengaruhi oleh pencapaian posisi, jika misalnya produk dari suatu perusahaan mendapat posisi yang buruk, maka strategi pemasaran yang dilakukan akan sia-sia belaka”.

Penempatan posisi (positioning) semakin penting artinya apabila produk yang dipasarkan adalah produk jasa, sebab produk ini bersifat abstrak. Penilaian konsumen terhadap citra perusahaan tidak lagi didasarkan pada yang tampak, tetapi nilai persepsi yang dirasakan  ketika mengkonsumsi jasa tersebut. Citra tersebut dapat terbentuk melalui cara produk tersebut disajikan, pengalaman masa lalu, dan penilaian orang lain atas produk yang bersangkutan. Hal ini seperti ditulis oleh Walker, Boyd, dan Larecce (1992).
“The evaluation of many product is subjective, because it is influenced by many factors other than physical properties, including the way product are presented, past experience with them and the opinion of the people”.

Penelitian dilakukan di YPIA Malang berdasarkan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
1.      YPIA mempunyai ciri khas tersendiri yaitu biaya kursus yang terjangkau dan kualitas pengajar yang cukup baik.
2.      Perspsi konsumen yang selama ini ada dirasa cukup baik tetapi dalam waktu berjalan tentunya akan memerlukan evaluasi yang terus menerus untuk memonitor perkembangan persepsi yang ada pada konsumen.

1.3 Perumusan Masalah Contoh Skripsi pemasaran
Sebagaimana latar belakang penelitian diatas maka dalam penelitian ini dapat dirumuskan suatu masalah yang terkait dengan hal tersebut adalah:
“Variabel-variabel apa saja yang berpengaruh dalam pembentukan persepsi dari konsumen YPIA Malang”.

1.4 Tujuan Penelitian "Contoh Skripsi pemasaran"
            Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi pembentukan persepsi dari konsumen YPIA.

1.5 Manfaat Penelitian "Contoh Skripsi pemasaran"
            Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari dilaksanakannya penelitian ini diantaranya adalah:
            Bagi perusahaan :
1.      Dapat mengetahui apa yang dipersepsikan konsumen selama ini.
2.      Apabila persepsi konsumen yang ada sekarang ini telah dirasa cukup baik maka perusahaan dapat mempertahankannya agar tetap baik dan apabila tidak perusahaan dapat mengubah posisi yang selama ini dilakukannya.
3.      Persepsi yang baik akan dapat meningkatkan tingkat penjualan karena loyalitas konsumen yang meningkat juga karena efek dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth).
4.      Sebagai tambahan informasi bagi perusahaan dan bahan masukan dalam pengambilan keputusan.
Bagi peneliti :
Penelitian ini dapat digunakan sebagai perbandingan sejauh mana teori-teori yang didapat selama masa perkuliahan dapat diterapkan pada perusahaan secara nyata.
Bagai pihak lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan perbandingan dalam menambah pengetahuan serta bahan informasi untuk penelitian selanjutnya khususnya yang tertarik pada bidang permasalahan ini.

Lebih Lengkapnya pembahasan hingga BAB terakhir termasuk daftar pustaka Contoh Skripsi Pemasaran silahkan Masuk ke Halaman berikutnya Di Sini

Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...