Di bawah ini adalah sebuah Contoh Skripsi Manajemen dengan Judul "ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR"
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada masa sekarang ini, di abad 21,
pola hidup masyarakat Indonesia
semakin maju. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat seiring
dengan perkembangan jaman. Pengaruh perkembangan tersebut sangat nyata,
misalnya terciptanya fasilitas-fasilitas yang memudahkan kegiatannya sejalan
dengan perkembangan teknologi tersebut.
Salah satu
dampak dari perkembangan teknologi tersebut adalah semakin banyak berkembang
pasar swalayan ataupun supermarket, pusat pembelanjaan yang semakin banyak
menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi konsumen untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya secara mudah dan efisien. Dengan banyaknya pusat
perbelanjaan yang didirikan maka persaingan antar pusat perbelanjaan semakin
tinggi, yang menyebabkan anggota masyarakat atau konsumen ingin dilayani lebih
baik lagi, sesuai apa yang diinginkan bagi pemenuhan kebutuhan lainnya. Hal ini
membuat beban pemasaran semakin berat, karena tugas dari pemasaran merupakan
fungsi paling penting dari perusahaan. (Sofyan Assauri, 1992; 6)
Dalam
menghadapi persaingan yang semakin ketat, suatu perusahaan perlu memahami
perilaku konsumen agar perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.
Pemahaman tentang perilaku konsumen itu mempunyai arti penting karena
sesungguhnya semua kegiatan perusahaan ditujukan untuk memberikan kepuasan
kepada konsumen. Perusahaan retail tentunya sadar bahwa dalam era globalisasi
pemasaran merupakan kunci dan faktor penting untuk mencapai sukses. Pemasaran
memusatkan perhatian pada konsumen karena dengan tercapainya kebutuhan dan
kepuasan konsumen akan memberikan keuntungan yang layak dalam jangka panjang.
Tujuan kegiatan pemasaran itu sendiri adalah mempengaruhi konsumen untuk
membeli barang dan jasa perusahaan pada saat itu yang mereka butuhkan.
Sedangkan pemasaran menurut William J. Stanton (1985) didefinisikan sebagai
berikut:
“Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.” (Stanton, 1985;7)
Kepuasan adalah tingkat perasaan
seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakan dibandingkan dengan
harapannya (Philip Kotler,1995;46)
Harapan
konsumen atau pembeli biasanya dibentuk oleh pengalaman pembelian terdahulu,
komentar teman serta janji atau informasi pemasaran dan saingannya. Untuk
memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan tersebut, banyak usaha bisnis
kecil-kecilan (usaha pertokoan) berubah menjadi usaha bisnis yang lebih besar
(swalayan atau supermarket)
Supermarket
merupakan took yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan konsumen baik untuk jenis
makanan dan non-makanan yang dijual secara rutin sehingga konsumen lebih mudah
untuk memenuhi kebutuhannya.
Pada dasarnya sukses tidaknya suatu bisnis bergantung pada apakah
kita cukup memberikan perhatian terhadap
apa yang dibutuhkan dan diinginkan orang yang menjadi sasaran bisnis kita.
Untuk itu seorang manajer harus selalu
inovasi terus menerus dan menerapkan strategi yang menetap agar bsinis tersebut
dapat berkembang dengan baik. Selain itu untuk meningkatkan kualitas dan
memperluas permintaan pasar, manajer diharapkan mampu melaksanakan strategi marketing mix-nya. Sedangkan strategi marketing mix menurut Basu Swastha dan
Irawan (1990) didefinisikan sebagai berikut:
“Strategi marketing mix adalah kombinasi
dari empat kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan,
produk, struktur harga, kegiatan
promosi, dan system distribusi. (Swastha dan Irawan, 1990; 78)”
Dalam kondisi perekonomian sekarang ini kegiatan pemasaran mempunyai
peranan yang sangat sesuai dengan fungsi pemasaran yang merupakan salah satu
fungsi pokok yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk dapat berkembang dan mendapatkan
laba yang maksimal.
Melihat pentingnya peranan sikap
konsumen dalam mengambil keputusan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya
agar dapat terpuaskan, maka penulis tertarik untuk membuat skripsi manajemen dengan
judul: “ANALISA SIKAP KONSUMEN
SUPERMARKET INDOGROSIR”
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah
tersebut, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana sikap konsumen
terhadap Supermarket Indogrosir
2.
Apakah ada perbedaan sikap
antara konsumen akhir dan konsumen pedagang dalam belanja di Supermarket
Indogrosir
C. Batasan Masalah
Untuk memudahkan pembahasan dari
penelitian diperlukan batasan masalah yang meliputi:
1.
Penelitian ditujukan pada
konsumen akhir dan konsumen pedagang, baik pembeli aktual maupun pembeli
potensial yang bertempat tinggal di Yogyakarta .
2.
Melihat pada keadaaan sebelum
melakukan survey terhadap responden, dapat dilihat bahwa hal-hal yang dijadikan
sebagai evaluasi konsumen terhadap supermarket adalah harga, tata letak,
kenyamanan berbelanja, tersedianya produk yang lengkap, kemudahan parker,
lokasi yang mudah dicapai dan pelayanan supermarket tersebut. Oleh karena itu
dalam penelitian ini, setiap konsumen pada Supermarket Indogrosir akan diukur
dari faktor :
a.
Harga
b.
Layout/Tata letak
c.
Kenyamanan
d.
Kelengkapan produk
e.
Tempat Parkir
f.
Lokasi Gedung
g.
Pelayanan
D. Hipotesis
Hipotesis adalah pernyataan singkat
yang merupakan jawaban sementara terhadap
masalah yang diteliti serta masih perlu
diuji kebenarannya. Hipotesis perlu diuji, maka dari itu diperlukan sejumlah
data baik yang mendukung maupun yang bertentangan dengan hipotesis. Data
tersebut akan diolah dengan membuktikan perhitungan statistik guna memperoleh
kesimpulan-kesimpulan untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Dalam penelitian
ini hipotesis yang diajukan penulis sebagai berikut:
1.
Sikap konsumen terhadap
Supermarket Indogrosir adalah positif.
2.
Tidak ada perbedaan sikap
antara konsumen akhir dengan konsumen pedagang dalam berbelanja ke Supermarket
Indogrosir.
E. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis mengadakan
penelitian dengan judul di atas adalah:
1.
Mengetahui sikap konsumen
terhadap Supermarket Indogrosir
2.
Untuk mengetahui perbedaan
sikap antara konsumen akhir dengan konsumen pedagang dalam belanja di
Supermarket Indogrosir.
F.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian yang dilakukan
adalah:
1.
Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai
pertimbangan dalam perencanaan, aktivitas dan kebijakan pemasaran, sehingga
dapat memberikan hasil yang lebih baik di masa yang akan datang.
2.
Bagi Peneliti
Penelitian ini sebagai sarana
belajar dan masukan bagi penulis dalam menerapkan teori pemasaran yang telah
dipelajari terhadap kasus nyata yang relevan di perusahaan.
G. Metode Penelitian
1.
Populasi
Populasi yang diteliti adalah
masyarakat Yogyakarta yang pernah atau sedang
berbelanja di Supermarket Indogrosir.
2.
Sampel
Dalam penelitian sampel dilakukan
dengan cara quota sampling, yaitu
sampel dibagi menjadi dua bagian dari 200 sampel yaitu 100 sampel untuk
konsumen pedagang dan 100 sampel untuk konsumen akhir.
3.
Jenis Data
Jenis data dalam penelitian ini
meliputi:
a.
Data primer yaitu data yang diperoleh
langsung dari sumbernya dan diusahakan sendiri oleh peneliti, dalam hal ini
perusahaan diamati dan dicatat pertama kalinya.
b.
Data sekunder yaitu data yang
diperoleh dari pihak lain yang tidak berhubungan dengan perusahaan, seperti
buku-buku dan majalah.
4.
Metode Pengumpulan Data
Data-data tersebut di atas untuk
mendapatkannya digunakan dengan cara sebagai berikut:
a.
Metode Kuisioner
Metode kuisioner yaitu metode
pengumpulan data yang dilakukan dengan meminta keterangan pada pihak yang
mempunyai keterangan (responden) dengan cara menggunakan daftar pertanyaan yang
telah disusun oleh penulis.
b.
Metode Wawancara
Metode
wawancara yaitu menggunakan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung
kepada pihak-pihak yang dianggap perlu dan berhubungan erat dengan obyek
penelitian.
c.
Metode Observasi
Metode
observasi yaitu mengadakan pengamatan secara langsung pada perusahaan.
H. Metode Analisis Data
Metode yang digunakan untuk
menganalisa data masukan dalam penelitian menggunakan berbagai cara yang
dijelaskan seperti berikut:
1.
Analisa Kuantitatif
Analisa kuantitatif adalah analisa yang didasarkan pada
logika dan tidak dijelaskan berdasarkan angka-angka yang didapatkan dengan
suatu pengujian hipotesis, tetapi dijelaskan secara deskriptif berdasarkan
data-data yang ada.
Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Manajemen dengan Judul ANALISA SIKAP KONSUMEN SUPERMARKET INDOGROSIR Silahkan cek di sini lengkap dari mulai BAB I hingga Baba Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar