Kali ini kembali lagi saya akan posting Contoh Skripsi Manajemen Dengan Judul Skripsi MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BELI MIE INSTAN MERK “MIE SEDAAP” (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Kerjasama )
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia mempunyai kebutuhan
yang bermacam-macam. Salah satu kebutuhan utama manusia adalah kebutuhan untuk
makan. Pada umumnya makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi.
Perkembangan jaman yang kian membutuhkan sesuatu yang serba cepat menimbulkan
keinginan – keinginan untuk mengganti nasi dengan alternatif lain yang dianggap
lebih praktis misalnya roti, sereal, dan mie instant.
Dalam
suasana persaingan yang semakin ketat , mie instant sebagai salah satu
alternatif tadi berusaha memasarkan
produknya dengan melakukan promosi yang
gencar dalam menawarkan keunggulan produknya. Saat ini merk mie instant yang
sedang bersaing di pasaran adalah Indomie,
Supermie, Sarimie, Salamie dan beberapa merk mie instant baru seperti mie Selera
Rakyat dan Mie Sedaap.
Peluang pasar yang
terbuka mengakibatkan Mie Sedaap sebagai produk baru berusaha memperkenalkan
produknya ditengah masyarakat dengan gencar.Promosi penjualan yang dilakukan
dengan membuka posko menjelang hari raya di tempat-tempat strategis seperti di
pinggir jalan dan saat ini juga melakukan promosi penjualan dengan membuka
posko Mie Sedaap di 30 perguruan tinggi di Yogyakarta, salah satunya berada di
STIE Kerjasama.
Dalam pemilihan nama
merk, produk Mie Sedaap mempunyai nama yang cukup unik. Sedaap sendiri memiliki
arti yang menggambarkan kualitas rasa selain itu nama Mie Sedaap mudah diingat
dan diucapkan.
Dalam
memutuskan membeli suatu produk, konsumen memiliki motivasi yang dipengaruhi
faktor dari dalam maupun dari luar, faktor dari dalam adalah faktor psychologis
dari masing-masing konsumen yang tidak sama, sedangkan faktor dari luar
biasanya diciptakan oleh ketepatan pemasaran, sehingga motivasi konsumen dalam
membeli Mie Sedaap tersebut tidak bisa dilepaskan dari prinsip 4P yaitu
: 1. Produk
Produk adalah segala sesuatu yang dapat diberikan oleh produk
Mie Sedaap kepada konsumennya, antara lain berkaitan dengan nama yang mudah
diingat, kualitas rasa, berbagai macam pilihan rasa yang ditawarkan maupun
kemudahan memasak.
2. Harga
Harga adalah
sejumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan suatu produk (Mie Sedaap).
Harga yang dimaksud adalah kesan bahwa Mie Sedaap tidak mahal, terjangkau oleh
segmen pasarnya.
3. Promotion
Promosi adalah kegiatan yang
dilakukan untuk memperkenalkan produk
Mie Sedaap kepada masyarakat, seperti adanya promosi penjualan dan iklan. Ketepatan dalam penyampaian iklan
baik dalam hal pesan ataupun media akan mampu memotivasi calon konsumennya
untuk mencoba. Media televisi saat ini merupakan media yang paling efektif
dalam mempengaruhi calon pembeli, untuk mendukung kegiatan iklan ini bisa
dilakukan kegiatan lain guna menunjukkan ujud dan rasa yakni melalui promosi
penjualan.
4.
Place
Place atau saluran distribusi adalah
kemudahan di dalam mendaapatkan produk di berbagai tempat, seperti di toko,
pasar, warung. Apabila konsumen mudah untuk mendapatkan produk Mie Sedaap,
dengan sendirinya pada saat mereka membutuhkan maka produk tersenbutlah yang
akan dibeli.
Dalam
penelitian ini mahasiswa/mahasiswi STIE Kerjasama merupakan obyek penelitian,
karena jika dilihat dari tingkat pendidikannya mahasiswa/mahasiswi STIE
Kerjasama dianggap mampu menjawab pertanyaan (Kuesioner ) secara rasional
selain itu beragamnya asal daerah akan menjadikan jawaban yang diberikan akan
mampu mewakili selera/cita rasa dari beberapa daerah di Indonesia. Pemilihan
mahasiswa/mahasiswi STIE Kerjasama pada saat ini dipandang tepat, karena di
kampus STIE Kerjasama saat ini terdapat
posko Mie Sedaap , dengan demikian diharapkan obyek penelitian diharapkan telah
melakukan pembelian serta pernah menikmati Mie Sedaap akibat dari kegiatan
promosi penjualan tersebut.
Berdasarkan latar
belakang di atas, dan pentingnya mengetahui pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusan beli yang
dikaitkan dengan variabel produk, harga, maupun iklan, maka penulis melakukan
penelitian dengan mengambil judul
MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN
BELI MIE INSTAN MERK “MIE SEDAAP” (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Kerjasama )
B. Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar
belakang masalah di atas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian
ini adalah :
1.
Bagaimana profil konsumen Mie Sedaap
pada mahasiswa STIE Kerjasama Yogyakarta.
2.
Apakah motivasi konsumen dipengaruhi oleh variabel persepsi terhadap produk,
persepsi terhadap harga dan persepsi terhadap promomsi berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan beli
3.
Variabel apakah yang paling dominan
berpengaruh terhadap motivasi konsumen untuk
membeli mie instant merk Mie Sedaap diantara variabel persepsi produk,
harga dan promosi
C. Batasan Masalah.
Luasnya masalah yang diteliti dan untuk
memperjelas faktor-faktor yang mempengaruhinya
maka penelitian ini dibatasi dan
terfokus pada:
1. Produk
Produk yang diteliti meliputi kualitas/mutu yaitu rasanya,
kekenyalan mie, komposisi bumbu, serta
berat mie yang tercantum dalam
kemasan
2.
Harga
Harga yang dimaksud adalah kesesuaian hargai dengan kuantitas, image harga murah,
harga terjangkau oleh segmen pasarnya.
3. Promosi
Promosi yang akan diteliti
adalah promosi melalui iklan di
televisi dan promosi penjualan dengan
adanya stand penjualan Mie Sedaap di STIE Kerjasama.
4. Saluran Distribusi
Saluran
distribusi adalah rangkain perantara , baik yang dikelola pemasar atau
independent dalam menyampaikan produknya.Kegiatan saluran distribusi yang
dilakukan oleh Mie Sedaap menggunakan
saluran penjualan seperti halnya perusahaan pesaing untuk itu variabel saluran
distribusi dipandang kurang tepat apabila dimasukkan sebagai salah satu
variabel pengaruh motivasi (kaitannya dengan pesaing)
D. Tujuan Penelitian.
Tujuan penelitian ini adalah:
1. Mengetahui responden Mie Sedaap dalam penelitian,
yakni mahasiswa/mahasiswi
STIE Kerjasama
Yogyakarta.
2. Mengetahui tanggapan konsumen
terhadap persepsi produk, harga serta promosi.
3. Mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap
motivasi konsumen dalam membeli Mie Sedaap, diantara variable persepsi produk,
promosi, iklan.
E. Hipotesis.
Hipotesis merupakan suatu dugaan atau jawaban
yang dianggap benar dan bersifat sementara, karena masih harus dibuktikan
dengan serangkaian pengujian.
Hipotesis yang akan diuji adalah:
1. Motivasi
konsumen terhadap variabel persepsiproduk, harga serta promosi berpengaruh
terhadap keputusan beli Mie Sedaap.
2.
Variabel dominan yang mampu memotivasi konsumen untuk pengambilan keputusan beli Mie Sedaap adalah variabel
persepsi promosi
F.
Metodologi.
1. Populasi dan sampel
a. Populasi
Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE
Kerjasama.yang pernah mengkonsumsi Mie Sedaap.
b.
Sampel
Sampel
yang diambil sebanyak 120 responden dengan menggunakan metode purposive sampling
Purposive
sampling yaitu metode pengambilan sampel dimana anggota sampel berdasarkan pada ciri-ciri tertentu yang dianggap mempunyai hubungan
erat dengan ciri populasi.
Asumsi yang digunakan
mengkonsumsi sama dengan pengambilan
keputusan beli.
2. Data yang diperlukan.
Data yang diperlukan mencakup
karakteristik konsuman tentang berbagai hal
produk, harga, saluran distribusi, promosi, alasan pengambilan keputusan
pembelian dan tanggapan konsumen terhadap
variabel produk, harga, dan promosi serta berbagai hal tentang produk.
3.
Metode Pengumpulan Data.
a. Observasi.
Observasi
yaitu metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung terhadap
produk dan mahasiswa/mahasiswi yang mengkonsumsi Mie Sedaap sebagai
respondennya.
b. Kuesioner.
Metode
kuesioner merupakan cara pengumpulan data dengan cara memberikan daftar
pertanyaa kepada responden yang membeli (mengkonsumsi) Mie Sedaap.
c. Wawancara.
Wawancara
adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya
jawab secara langsung kepada responden.
4. Metode Analisis Data.
Untuk
memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan dan maksud penelitian maka analisis
yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
a. Analisis kualitatif
Yaitu analisis
yang digunakan berdasarkan hasil jawaban yang diperoleh dari responden kemudian
ditabulasikan untuk mengungkap profil konsumen Mie Sedaap.
Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Manajemen : MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BELI MIE INSTAN MERK “MIE SEDAAP” (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Kerjasama ) dari mulai BAB I HIngga BAB Penutup Silahkan cek di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar