Contoh Skripsi Manajemen Keuangan Judul ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada PT. Telkom Tbk)

Menambah postingan blog ini kali ini saya akan posting Contoh Skripsi Manajemen Keuangan Judul ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI  SALAH SATU ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada PT. Telkom Tbk)

BAB I
PENDAHULUAN
   
A.    LATAR BELAKANG

Tujuan kegiatan ekonomi dalam suatu perusahaan salah satunya adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan yang optimal, agar tujuan tersebut dapat tercapai sesuai dengan yang telah direncanakan, maka seorang manajer harus dapat mengetahui kondisi perusahaannya, baik kekuatan maupun kelemahan dari perusahaan agar perusahaan tersebut mampu dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lain (www.mail-archive.com).
Kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing ditentukan oleh baik tidaknya kondisi perusahaan. Untuk mengetahui kondisi perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangannya, sedangkan baik tidaknya kondisi perusahaan sangat dipengaruhi oleh kinerja dari manajemen perusahaan tersebut, kinerja perusahaan dapat diukur  dari kemampuan dari kemampuan manajemen dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan perbaikan kondisi keuangan dalam hal efektivitas dan efisiensi atau perencanaan manajemen demi keberhasilan perusahaan. Selain itu juga dilihat dari kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban  perusahaan ( Riyanto, 2001 : 327-328).
Salah satu cara untuk dapat mengetahui bagaimana kinerja keuangan dalam kurun waktu tertentu, maka perlu adanya suatu penilaian. Dalam hal ini melalui analisis terhadap laporan keuangan perusahaan sebagai laporan kegiatan bersama dalam kurun waktu tertentu. Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan. Dalam laporan keuangan ini berisi informasi yang menyangkut posisi keuangan suatu perusahaan, sehingga setelah dilakukan analisis maka akan diperoleh suatu gambaran baik tentang kemunduran ataupun kemajuan yang telah dicapai oleh perusahaan. Penilaian kinerja perusahaan disini merupakan hal penting bagi pihak manajemen guna menetapkan suatu kebijakan atau pengambilan keputusan dimasa yang akan datang (Munawir, 2004 : 31).
Penilaian kinerja keuangan ini tidak hanya berguna bagi manajer sebagai alat Bantu dalam pengambilan keputusan, tetapi juga berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan seperti para pemilik perusahaan, para investor dan calon investor, para kreditor dan calon kreditor. Bagi pemilik perusahaan dan para investor penilaian kinerja keuangan ini berguna sebagai alat untuk mengevaluasi dan menilai apakah modal yang ditanamkan dalam bentuk asset maupun uang tunai telah dikelola dan diberdayakan dengan baik, sehingga menghasilkan suatu keuntungan yang diharapkan. Sedangkan bagi para kreditor dan calon kreditor berguna sebagai alat yang dapat menunjukkan kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang-hutang, baik jangka pendek maupun jangka panjang pada saat jatuh tempo dan berguna sebagai alat untuk mengetahui seberapa besar hutang beredar dalam perusahaan tersebut.

"Contoh Skripsi Manajemen Keuangan Judul ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI  SALAH SATU ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada PT. Telkom Tbk)"

Dan untuk menghasilkan kinerja yang baik maka dana yang ada di perusahaan harus dikelola dengan  efektif dan efisien, yaitu memanfaatkan sumber  dana yang minimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga dana yang ada di alokasikan untuk suatu proyek yang lain agar bisa mendapatkan keuntungan dari dana tersebut. 
Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perkembangan perusahaan sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut, dan kondisi keuangan suatu perusahaan akan dapat diketahui dari laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. Laporan keuangan tersebut antara lain adalah neraca dan laporan laba rugi. Dengan menganalisis pos-pos neraca akan dapat diketahui atau diperoleh gambaran tentang posisi finansialnya. Sedang dengan menganalisis laporan laba ruginya akan dapat memberikan gambaran tentang hasil atau perkembangan ynag telah dicapai oleh perusahaan yang  bersangkutan (Munawir, 2004 : 1).
Ada beberapa teknik analisis laporan keuangan, yaitu analisis trend,analisis perubahan modal kerja, analisis commond size, analisis rasio, analisis perubahan laba kotor, dan analisis pulang pokok (Munawir, 2004 : 36-37).
Dari berbagai analisis tersebut, analisis rasio yang sering digunakan oleh banyak analis sebagai suatu alat untuk menilai kinerja dari perusahaan, karena analisis rasio dapat menjelaskan hubungan antara variable-variabel yang diteliti dan dipakai dasar untuk menilai kondisi tertentu, seperti laporan keuangan. Rasio ini juga sangat diperlukan oleh beberapa pihak, terutama pemilik atau pemegang saham, manajemen dan kreditor. Dengan menghitung rasio-rasio tertentu maka akan  dapat menunjukkan suatu kinerja keuangan perusahaan, sehingga dapat membuat keputusan yang penting  bagi kepentingan perusahaan untuk masa yang akan datang (Kartadinata, 1990 : 153).
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang selanjutnya disebut Telkom atau perseroan, merupakan perusahaan informasi dan komunikasi (InfoCom) serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap yang terbesar di Indonesia, Telkom menyediakan jasa telepon tetap kabel, jasa telepon tetap nirkabel, jasa telepon bergerak, data dan internet serta jasa multimedia lainnya, network dan interkoneksi baik secara langsung maupun melalui perusahaan asosiasi. PT. Telkom merupakan perseroan yang menjadi pemegang saham mayoritas di 9 (sembilan) anak perusahaan, termasuk di PT telekomunikasi selluler (telkomsel), yang memiliki pangsa pasar terbesar dalam industri selluler di Indonesia  dengan EBITDA margin sebesar 72  %, merupakan salah satu yang tertinggi di dunia (www.telkom.co.id). Pada tahun 2003 PT. Telkom menempati peringkat ke 12 perusahaan Teknologi Informasi (TI) versi “infotech” Majalah Business Week Global (www.antara.co.id).
Pada tahun 2005 PT. Telkom mendapatkan penghargaan “The Best Value Creator Award 2005 and The Golden Value Creator Award 2005” sebagai perusahaan yang berhasil menciptakan value selama lima tahun berturut-turut untuk kategori asset di atas 1 (satu) Triliun (Majalah SWA, 2005).
Kepemilikan saham Telkom saat ini dimiliki oleh pemerintah RI sebesar 51,19 %, dan oleh public sebesar 48,81%. Sebagian dimiliki oleh investor asing sebesar 45,58 % dan sisanya oleh investor lokal sebesar 30,23 % dengan kapitalisasi pasar untuk saham Telkom saat ini berkisar 15% dari total kapitalisasi pasar BEJ (www.telkom.co.id).
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas maka peneliti berminat untuk melakukan penelitian dengan judul ”Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan”.

B.     RUMUSAN MASALAH


Bagaimana kinerja keuangan perusahaan PT. Telkom Tbk dinilai berdasarkan analisis rasio keuangan ?
C.    TUJUAN PENELITIAN

Untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan PT. Telkom Tbk dinilai berdasarkan analisis rasio keuangan.

Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Manajemen Keuangan Judul ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI  SALAH SATU ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada PT. Telkom Tbk) Dari mulai BAB 1 Hingga bab 5 Penutup termasuk daftar pustaka bisa di miliki di sini

Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...