Contoh Skripsi Keperawatan Judul Skripsi HUBUNGAN KARAKTERISTIK PETUGAS LABORATORIUM TB PARU PUSKESMAS DENGAN ERROR RATE HASIL PEMERIKSAAN DAHAK TERSANGKA TB PARU DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2006

Contoh Skripsi Keperawatan Judul Skripsi HUBUNGAN KARAKTERISTIK PETUGAS LABORATORIUM TB PARU PUSKESMAS DENGAN ERROR RATE HASIL PEMERIKSAAN DAHAK TERSANGKA TB PARU DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2006

BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah (Contoh Skripsi Keperawatan)
Kesehatan adalah hak asasi manusia dan sekaligus investasi keberhasilan pembangunan bangsa (Depkes RI, 2004: 1). Pembangunan kesehatan sebagai salah satu upaya pembangunan nasional diarahkan guna tercapainya kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Sasaran pembangunan kesehatan dapat berhasil apabila angka kesakitan dan kematian dapat menurun. Sampai saat ini angka kesakitan dan kematian akibat penyakit menular masih cukup tinggi, salah satunya adalah penyakit tuberkulosis (http://www.suaramerdeka.com).

Penyakit tuberkulosis adalah penyakit menular yang bersifat menahun, disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis (Oswari, E.1995: 256). Kuman ini dapat menyerang semua bagian tubuh manusia dan yang paling sering terkena adalah organ paru (90%) (http://www.indosiar.com). Penyakit tuberkulosis merupakan salah satu masalah kesehatan bagi bangsa Indonesia dan dunia. WHO menyatakan bahwa sekitar 1,9 milyar manusia, sepertiga penduduk dunia ini telah
terinfeksi kuman tuberkulosis (Deadly Duo, 2004: ii). Dalam pandangan dunia internasional Indonesia merupakan penyumbang kasus TB Paru terbesar di dunia setelah India dan Cina.
Di Indonesia TB Paru kembali muncul sebagai penyebab kematian utama setelah penyakit jantung dan saluran pernafasan (Wahyu Aniwidyaningsih dan Tjandra Yoga Aditama, 2003: 34). Hasil Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 1995 menunjukkan bahwa tuberkulosis merupakan penyebab kematian nomor 3 setelah penyakit kardiovaskuler dan nomor 1 dari golongan penyakit infeksi.

Hingga saat ini penyakit ini belum dapat disembuhkan secara sempurna bahkan sebaliknya jumlah penderita baru dari hari ke hari semakin meningkat (Luhur, 2004: 38).
Pada tahun 1999 WHO memperkirakan dari setiap 100.000 penduduk akan ditemukan 130 penderita baru TB Paru dengan Bakteri Tahan Asam Positif (BTA +) (http://www.pikiran-rakyat.com). Diperkirakan setiap tahun ditemukan 450.000 kasus baru TB, dimana sekitar 1/3 penderita terdapat disekitar Puskesmas, 1/3 ditemukan di pelayanan Rumah Sakit/ klinik pemerintah dan swasta, praktek swasta dan sisanya belum terjangkau Unit Pelayanan Kesehatan. Sedangkan kematian karena TB diperkirakan 175.000 per tahun. Penyakit TB ini menyerang sebagian besar kelompok usia kerja produktif (http://ppmplp.depkes.go.id).
Di Jawa Tengah diperkirakan terdapat 100-150.000 penderita pada tahun 1990–1997. Walaupun incidence rate cenderung menurun, tetapi penderita baru menunjukkan peningkatan hingga 4%, dimana 110 dari tiap 100.000 penduduk atau 33.000 orang setiap tahun http://www.suaramerdeka.com).

"Contoh Skripsi Keperawatan Judul Skripsi HUBUNGAN KARAKTERISTIK PETUGAS LABORATORIUM TB PARU PUSKESMAS DENGAN ERROR RATE HASIL PEMERIKSAAN DAHAK TERSANGKA TB PARU DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2006"

--------------------
Angka pencapaian error rate dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah petugas laboratorium TB Paru, oleh karena petugas laboratorium tersebut memiliki karakteristik individual yang berbeda-beda. Menurut penelitian Yamoto (2001), karakteristik tersebut antara lain umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pelatihan, kesehatan mata, status kepegawaian dan lama bekerja. Sedangkan menurut penelitian Sri Retno Rindjaswati (2001), karakteristik internal antara lain umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, lama
bekerja dan karakteristik eksternal antara lain kerja rangkap, pendanaan, penghargaan, pelatihan, mikroskop binokuler, reagen Ziehl Neelsen dan kaca sediaan.
Dengan memperhatikan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Hubungan Karakteristik Petugas Laboratorium TB Paru Puskesmas dengan Error Rate Hasil Pemeriksaan Dahak Tersangka TB Paru di Kabupaten Kudus Tahun 2006 ” .

1.2 Rumusan Masalah (Contoh Skripsi Keperawatan)
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas di identifikasi permasalahan yaitu angka error rate (angka kesalahan laboratorium) di Kabupaten Kudus dari tahun 1999 sampai dengan 2005 masih diatas 5% yaitu berkisar 10-15%, bahkan pada triwulan 1 tahun 2006 menduduki peringkat 1 di Jawa Tengah yaitu 13,6%.
Dari identifikasi permasalahan tersebut dirumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut: “Adakah hubungan karakteristik (latar belakang pendidikan, pelatihan, pengetahuan tentang pemeriksaan dahak secara mikroskopis langsung, status kepegawaian, masa kerja dan beban kerja) petugas laboratorium TB Paru Puskesmas dengan error rate hasil pemeriksaan dahak tersangka TB Paru di
Kabupaten Kudus tahun 2006?” 

Selengkapnya terkait Contoh Skripsi Keperawatan Judul Skripsi HUBUNGAN KARAKTERISTIK PETUGAS LABORATORIUM TB PARU PUSKESMAS DENGAN ERROR RATE HASIL PEMERIKSAAN DAHAK TERSANGKA TB PARU DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2006 Dari Mulai BAB1 Hingga BAB 5 Penutup termasuk daftar pustaka dan lampiran Silahkan miliki di sini
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...