CONTOH TESIS/SKRIPSI MANAJEMEN - ANALISA PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN

CONTOH TESIS/SKRIPSI MANAJEMEN - ANALISA PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Tentang Gaya Kepemimpinan Situasional Pada Badan Pengelola Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) Sabang)

BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah- Contoh Skripsi/tesis manajemen
                Pembicaraan mengenai MSDM (manajemen sumberdaya manusia) dewasa ini semakin mendapat perhatian. Pada hakekatnya MSDM  merupakan suatu upaya pengintegrasian kebutuhan personil dengan tujuan organisasi, agar individu dapat memuaskan kebutuhannya sendiri walaupun bekerja untuk tujuan organisasi. Saat ini pengakuan terhadap manusia senantiasa mempunyai kedudukan yang semakin penting. Meskipun kita berada, atau sedang menuju dalam masyarakat yang berorientasi kerja. Yang memandang kerja suatu yang mulia tanpa mengabaikan manusia yang melakukan pekerjaan tersebut.
            Manusia sebagai anggota organisasi dalam melakukan proses pekerjaan akan sangat dipengaruhi oleh kepribadian yang berbeda-beda, misalnya sifat, sikap, nilai-nilai, keinginan dan minat dan itu akan berpengaruh pada gaya kepemimpinanaya juga pada kinerja.
            Gaya  kepemimpinan  adalah  pola  perilaku konsisten  yang diterapkan pemimpin  dengan  melalui orang lain,  yaitu  pola perilaku yang diperlihatkan pimpinan pada saat mempengaruhi orang lain,  seperti dipersepsikan orang lain.  Gaya bukanlah  soal  bagaimana  pendapat pemimpin  tentang  perilaku  mareka sendiri dalam memimpin, tetapi bagaimana persepsi orang lain, terutama bawahannya, tentang perilaku pemimpinnya (Hersey dan Blanchard,1992).
            Melalui gaya kepemimpinan yang dimiliki seorang pemimpin, ia akan mentranfer beberapa nilai seperti penekanan kelompok, dukungan dari orang-orang/karyawan, toleransi terhadap resiko, kriteria pengupahan dan sebagainya. Pada sisi lain, pegawai akan membentuk suatu persepsi subyektif mengenai dasar – dasar nilai yang ada dalam organisasi sesuai dengan nilai-nilai yang ingin disampaikan pimpinan melalui gaya kepemimpinan.
            Untuk menyeleraskan antara nilai-nilai individu dan nilai-nilai perusahaan dibutuhkan suatu proses yang disebut sosialisasi. Proses sosialisasi akan sempurna jika pegawai baru merasa senang pada pekerjaan dan organisasinya. Pendatang baru merasa diterima oleh rekan kerjanya sebagai orang yang dipercayai dan memiliki nilai-nilai, menimbulkan rasa percaya diri bahwa dia mampu mengerjakan pekerjaan secara sukses memahami sistem yang ada, tidak hanya yang berkaitan dengan tugas-tugasnya saja, tetapi juga dengan peraturan yang ada.
            Gaya kepemimpinan seorang pemimpin akan  sangat mempengaruhi kondisi kerja, dimana akan berhubungan dengan bagaimana karyawan menerima suatu gaya kepemimpinan, senang atau tidak, suka atau tidak. Di satu sisi gaya kepemimpinan tertentu dapat menyebabkan peningkatan kinerja disisi lain dapat menyebabkan penurunan kinerja.
Dalam usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja karyawan menurut Rustandi (1987), sangat diperlukan seorang pemimpin yang menggunakan gaya kepemimpinan situasional, yaitu pemimpin yang selain mempunyai kemampuan pribadi, juga mampu membaca keadaan bawahannya serta lingkungan kerjanya. Dalam hal ini kematangan bawahan berkaitan langsung dengan gaya kepemimpinan yang tepat untuk diterapkan, agar pemimpin memperoleh ketaatan atau pengaruh yang memadai. Untuk itu pemimpin harus mampu menciptakan suasana kerja yang mendukung para bawahan untuk selalu berprestasi.    
            Berdasarkan uraian diatas maka penelitian ini diberi judul Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian ingin penulis lakukan pada Badan Pelaksana Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (BP-Kapet) Sabang.

B. Perumusan Masalah - Contoh Skripsi/tesis manajemen
            Dari latar belakang permasalahan diatas maka dapatlah dirumuskan masalah utama yang terkait dalam tulisan ini, sebagai berikut :
1.      Bagaimana gaya kepemimpinan situasional (mengarahkan, membimbing, mendukung dan pendelegasian) dan kinerja karyawan BP Kapet Sabang ?.
2.      Apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan situasional (mengarahkan, membimbing, mendukung dan pendelegasian) baik secara simultan ataupun parsial terhadap kinerja karyawan BP Kapet Sabang ?

C. Tujuan Penelitian- Contoh Skripsi/tesis manajemen

            Adapun yang menjadi tujuan dari penilitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui gambaran gaya kepemimpinan dan kinerja karyawan BP Kapet Sabang.
2.      Untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan.
3.     Untuk mengetahui variabel dominan dari gaya kepemimpinan yang mempengaruhi  kinerja   karyawan BP Kapet Sabang.

D. Manfaat Penelitian  - Contoh Skripsi/tesis manajemen
            Penelitian ini diharapkan nantinya bisa memberikan masukan informatif kepada pimpinan BP Kapet Sabang tentang gaya kepemimpinan situasional dalam kaitannya dengan kinerja karyawan dan diharapkan juga dapat memberikan masukan kepada berbagai pihak untuk lebih memahami gaya kepemimpinan dalam tugas dan pekerjaan. Selanjutnya penelitian ini diharapkan juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan terutama mengkaji teori-teori sumber daya manusia, khususnya masalah gaya kepemimpinan.

CONTOH TESIS/SKRIPSI MANAJEMEN - ANALISA PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Tentang Gaya Kepemimpinan Situasional Pada Badan Pengelola Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) Sabang) Selengkapnya dari BAB 1 Hingga Terakhir Silahkan Kunjungi di sini
Print Friendly and PDF

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...