Contoh Skripsi Ilmu Komputer - Sistem Keamanan Email


Contoh Skripsi Ilmu Komputer - Sistem Keamanan Email


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

E-mail sudah digunakan orang sejak awal terbentuknya internet pada sekitar tahun 1969 dan merupakan salah satu fasilitas yang ada pada saat  itu. Sesuai dengan perkembangan internet, penggunaan email ini juga semakin membesar walaupun pada saat ini persentasinya sudah turun karena adanya sebuah fasilitas baru di internet yang dikenal sebagai Web.  Salah satu alasan kenapa email dipakai orang karena memberikan cara yang mudah dan cepat dalam mengirimkan sebuah informasi. Selain itu dengan email dapat juga informasi yang ukurannya kecil sampai ke file yang ukurannya besar.
Namun sifat e-mail yang memanfaatkan penghantar elektronik tak sepenuhnya dimaksudkan sebagai  medium pribadi karena  menyimpan potensi bahaya  penyalah gunaan yang bukan saja menjengkelkan tetapi juga dapat bersifat fatal.
Ketika kita mengirimkan suatu e-mail, maka e-mail tersebut disampaikan ke suatu sistem komputer yang mungkin kita tidak mengetahui administratornya. Dari komputer tersebut disampaikan  ke sistem komputer lain, dan yang lainnya, dan lainnya, sampai  kepada penerima yang dituju. Pada beberapa link di rantai ini, e-mail kita dapat dibaca oleh siapa saja yang diinginkan system administrator  , atau oleh suatu biro penyelidikan yang sedang  mencurigai suatu aktivitas kejahatan, atau berbagai kemungkinan lainnya. Tetapi secara ringkasnya adalah ketika kita mengirimkan suatu e-mail, kita tidak mengetahui siapa yang membaca pesan itu, penerima yang diharapkan ataupun barangkali orang lain.
Kerahasiaan email terancam bukan oleh para hacker, melainkan para system administrator sendiri. Para system administrator terkadang bosan tidak tahu apa yang harus dikerjakan selain membaca-baca email orang. Mereka dapat melakukannya tanpa sedikit pun meninggalkan jejak. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengenkripsi email anda. GNU Privacy Guard (GnuPG, atau GPG) adalah sistem enkripsi key public. Program ini di instal pada semua mesin DICE Linux. GnuPG adalah suatu re-implementasi GNU dari program  PGP (Pretty Good Privacy) Phil Zimmerman’s, memenuhi spesifikasi OpenPGP, Zimmerman yang pertama menulis dan mendistribusikan PGP.

1.2 Maksud dan Tujuan
Tulisan ini disusun dengan maksud:
  1. Memberikan informasi kepada para pembaca mengenai teknologi enkripsi E-mail dalam usaha untuk menghindari pembacaan E-mail oleh yang tidak berhak.
  2. Memberikan wacana tentang sekuriti e-mail open source dengan GNU Privacy Guard (GnuPG, atau GPG); suatu standard bagian dari Red Hat, Mandrake, Debian, Slackware, Suse, Freebsd dan lainnya.

1.3 Rumusan Masalah

Kerahasiaan email terancam bukan oleh para hacker, melainkan para system administrator-nya  sendiri yang iseng dengan membaca email orang lain. Mereka dapat melakukannya tanpa sedikit pun meninggalkan jejak. Cara mengatasi hal ini maka untuk mendapatkan jaminan kerahasiaan di dalam pengiriman email maka perlu menggunakan program aplikasi yang  menjanjikan keamanan yang lebih baik.  Software open source dapat dijadikan alternatif  karena paling tidak memungkinkan para ekspert di luar perusahaan penyedia sistem tersebut untuk memeriksa secara lebih seksama dan menyeluruh.

1.4 Pembatasan Masalah
Untuk memberikan penekanan khusus sesuai dengan judul tugas ini maka  dilakukan pembatasan pada penulisan dokumen ini:
  1. Pembahasan tentang tata cara pengiriman e-mail
  2. Pembahasan tentang sistem Public Key Criptografi
  3. Sistem sekuriti email dengan menggunakan Gnu Privacy Guard, cara instalasi, contoh penggunaan command line.

1.5 Sistematika Penulisan
Penulisan dokumen ini disusun dalam beberapa bab, dimana tiap bab dapat dibaca sebagai satu kesatuan informasi tanpa perlu tergantung pada bab sebelumnya. Sehingga pembaca dapat membaca informasi dari bab tertentu saja. Adapun sistematika  penulisannya disusun sebagai berikut:
Bab I Pendahuluan berisi latar belakang, maksud dan tujuan, rumusan masalah, pembatasan masalah, dan sistematika penulisan ini sendiri. Bab ini memberikan gambaran umum mengenai isi dari dokumen.
Bab II membahas seputar email dan metoda sekuriti yang digunakan
Bab III analisis masalah yang berhubungan dengan perlunya sekuiti email
Bab IV kegunaan GPG sebagai salah satu software sekuriti open source yang handal dan contoh cara penggunaanya
Bab V Penutup berisi kesimpulan 
Contoh Skripsi Ilmu Komputer - Sistem Keamanan Email  Selengkapnya silahkan Kunjungi di sini
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...